Tak Kunjung Dilantik, Calon Perangkat Desa di Kudus Demo Turun ke Jalan

Rabu, 23 Agustus 2023 – 16:35 WIB
Tak Kunjung Dilantik, Calon Perangkat Desa di Kudus Demo Turun ke Jalan - JPNN.com Jateng
Ratusan calon perangkat desa peraih rangking satu bersama anggota keluarganya melakukan aksi unjuk rasa untuk menuntut mereka segera dilantik sebagai perangkat desa di Alun-Alun Kudus, Jawa Tengah, Rabu (23/8/2023). ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif

jateng.jpnn.com, KUDUS - Calon perangkat desa peraih peringkat satu menggelar aksi unjuk rasa di Alun-Alun Kudus, Jawa Tengah, Rabu (23/8), dengan diikuti ratusan warga.

Koordinator aksi demo Teguh Santoso mengatakan pihaknya menuntut Bupati Kudus mengeluarkan keputusan untuk meminta kepala desa melantik mereka.

"Kami sudah menunggu selama 6 bulan dan menghormati proses hukum yang berlaku. Akan tetapi, hingga kini belum ada kepastian dilantik," katanya.

Dia mengatakan sesuai dengan SK penundaan bahwa setelah ada keputusan PN Kudus, 7 hari kerja harus segera dilakukan pelantikan.

Sebelumnya, pihaknya juga menanyakan kepastian pelantikan calon perangkat desa peringkat satu kepada kepala desa dan camat.

Akan tetapi, kata dia, mereka masih menunggu perintah atasan, dalam hal ini Bupati Kudus Hartopo.

Untuk itu, pihaknya bersama ratusan calon perangkat desa yang tergabung dalam Gabungan Rangking Satu (Garang 1) menggelar aksi unjuk rasa untuk menuntut pelantikan.

"Kami berharap Bupati Kudus menginstruksikan camat dan kades dalam bentuk produk hukum atau surat edaran sebagai dasar bagi kepala desa untuk melantik," ujarnya.

Ratusan orang di Kudus gelar unjuk rasa menuntut pelantikan calon perangkat desa yang nasibnya terkatung-katung selama enam bulan.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News