34 Mahasiswa Jateng Magang di Ceko, Gajinya Sampai Rp 26 Juta, Ganjar Bangga

Kamis, 31 Agustus 2023 – 13:43 WIB
34 Mahasiswa Jateng Magang di Ceko, Gajinya Sampai Rp 26 Juta, Ganjar Bangga - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melepas 34 mahasiswa dari provinsi itu yang akan magang kerja di Republik Ceko, di rumah dinasnya, Kamis (31/8). Foto: Humas Pemprov Jateng

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melepas 34 mahasiswa dari provinsi itu yang akan magang kerja di Republik Ceko, di rumah dinasnya, Kamis (31/8).

Ganjar mengaku bangga karena sejumlah mahasiswa Jateng itu dapat kesempatan untuk mengembangkan kemampuan di luar negari.

Menurutnya, mengirimkan tenaga kerja terampil ke luar negeri untuk magang kerja, menjadi pilihan tepat dalam menghadapi bonus demografi. Selain untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, mahasiswa itu juga bisa menyelesaikan permasalahan kemiskinan.

“Ini program dari Kadin yang menurut saya bagus, anak-anak ini dari Politeknik kemudian dia akan magang di Ceko. Magangnya bukan melihat, tetapi bekerja beneran ada kontrak kerjanya,” kata Ganjar.

Dari puluhan mahasiswa yang berangkat, rata-rata berasal dari ATMI Solo. Ada pula yang berasal dari sekolah vokasi UGM dan beberapa politeknik di Jawa Tengah.

Mereka akan magang kerja di Skoda Mobil, perusahaan otomotif besar yang cukup legendaris. Ganjar berharap, mereka bisa menyerap ilmu sebanyak-banyaknya karena merupakan pengalaman yang tidak akan terulang.

“Intinya link-age antara perguruan tinggi, vokasi, politeknik difasilitasi Kadin kemudian dari Ceko diarahkan dan kerja sama, kerja samanya jadi sangat menguntungkan buat kita,” katanya.

Ganjar mengatakan dalam konteks bonus demografi pilihan mengirimkan tenaga kerja terampil menjadi tepat. Sebab Indonesia tinggal menyiapkan SDM dengan baik untuk kemudian dikirimkan bekerja di luar negeri.

Sebanyak 34 mahasiswa Jateng mendapat kesempatan magang kerja di Republik Ceko selama 2 tahun dengan gaji Rp 20-26 juta. Ganjar mengaku bangga.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News