Ganjar Dinobatkan Sebagai Bapak Truk Nusantara

Selasa, 05 September 2023 – 08:50 WIB
Ganjar Dinobatkan Sebagai Bapak Truk Nusantara - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat menemui ratusan sopir dan kru truk di depan kantornya, Jalan Pahlawan Kota Semarang. FOTO: Wisnu Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Jalan Pahlawan, depan Kantor Gubernur Jawa Tengah dipenuhi ratusan truk dari berbagai daerah pada Senin (4/9). Rupanya, aksi yang dilakukan sopir dan kernet truk itu karena keinginan menobatkan Ganjar Pranowo sebagai "Bapak Truk Nusantara".

Sedikitnya 130 truk terpantau terparkir rapi di sepanjang Jalan Pahlawan, Kota Semarang sekitar pukul 14.30 WIB. Di beberapa bagian belakang bak truk tampak gambar wajah guberur dua periode itu dengan berbagai pose dan beragam quote yang dikutip dari pernyataan Ganjar.

Sejam kemudian, ratusan sopir truk yang datang dari berbagai daerah di Jawa Timur, Jawa Barat dan Jawa Tengah itu ditemui satu per satu langsung oleh Ganjar.

"Sebenarnya sejak tahun lalu, teman-teman Komunitas Truk Nusantara ingin menobatkan (Pak Ganjar) sebagai Bapak Truk Nusantara. Karena Komunitas Truk Nusantara ingin punya bapak angkat yang bisa melindungi dan mengayomi," kata Kordinator Aksi Kopdar Truk Nusantara, Om Irul Explor.

Menurutnya, penobatan itu bukan tanpa alasan. Ganjar dinilai berperan dalam membasmi pungutan liar (pungli) di jembatan timbang. Berkat keberaniaan Ganjar, para sopir truk kini bisa lebih nyaman dalam bekerja.

"Tindakannya nyata, membasmi pungli di Jembatan Timbang Subah Batang dan itu luar biasa. Dampaknya, pungli semakin minim. Dan Pak Ganjar juga membuka layanan aduan yang apabila ada pungli bisa lapor dan ditindak," ujarnya.

Sikap tegas dari Ganjar bukan hanya berdampak pada sopir truk di Jawa Tengah, melainkan juga dari daerah lain di Indonesia. Kementerian Perhubungan memperbaiki sistem jembatan timbang di seluruh Indonesia.

"Maka, hari ini ada sekitar 130 truk datang ke sini dan tiap truk rata-rata tiga orang. Ada dari Madura, Pacitan, Malang, Kuningan dan berbagai daerah di Jateng," katanya.

Komunitas Truk Nusantara nobatkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai Bapak Truk Nusantara.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News