Dampak El Nino Makin Menjadi, Nana Sudjana Keluarkan Instruksi untuk BPBD, Bupati & Wali Kota

Kamis, 07 September 2023 – 21:00 WIB
Dampak El Nino Makin Menjadi, Nana Sudjana Keluarkan Instruksi untuk BPBD, Bupati & Wali Kota - JPNN.com Jateng
Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana. FOTO: Wisnu Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Penjabat (Pj) Gubernur Nana Sudjana menginstruksikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah untuk lebih responsif terhadap perubahan iklim yang dipicu panas suhu muka laut El Nino.

Nana Sudjana mengatakan, BPBD adalah organisasi vital yang mampu melakukan koordinasi dengan instansi-instansi terkait dalam mengatasi peristiwa kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"BPBD harus mampu mengkoordinir instansi-instansi terkait dalam penanganan karhutla atau kebakaran hutan," ujarnya, seusai menggelar pertemuan dengan para bupati dan walikota se-Jateng di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Jalan Pahlawan, Semarang, Kamis (7/9).

Tak hanya itu, Nana juga menekankan kepada seluruh bupati dan wali kota di setiap daerah untuk meningkatkan kesiapan dan kewaspadaan karhutla. Termasuk dampak lain yang disebabkan El Nino, yakni bencana kekeringan.

"Beberapa kebakaran sampai saat ini sudah bisa kami atasi, semoga tidak ada lagi kebakaran, tinggal ke depan mengantisipasi perlunya bantuan ke masyarakat termasuk menyalurkan air bersih," ujarnya.

Lebih lanjut, Nana juga mengatakan bahwa alokasi anggaran harus bisa ditingkatkan lagi karena pihaknya sedang berusaha fokus menanggulangi sejumlah masalah di tengah masyarakat.

"Termasuk masalah kemiskinan, stunting, dan inflasi yang sudah berjalan dan meningkatkan anggaran yang sudah dilakukan," tuturnya.

Kepala Stasiun BMKG Klimatologi Kelas I Semarang Sukasno mengatakan, Jawa Tengah termasuk wilayah yang memiliki risiko karhutla kategori siaga dan awas.

Nana Sudjana menginstruksikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah untuk lebih responsif terhadap perubahan iklim yang dipicu panas suhu muka
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia