Warga Kudus Tumpah Ruah Saksikan Karnaval Budaya, Lihat!

Senin, 11 September 2023 – 15:00 WIB
Warga Kudus Tumpah Ruah Saksikan Karnaval Budaya, Lihat! - JPNN.com Jateng
Salah satu peserta Festival Karnaval Budaya di Alun-alun Kudus, Jawa Tengah.(ANTARA/HO-Pemkab Kudus.)

jateng.jpnn.com, KUDUS - Warga Kudus, Jawa Tengah tumbah ruah menyaksikan festival karnaval budaya di Alun-alun Kudus, Minggu (10/9) malam.

Bupati Kudus Hartopo mengatakan acara tersebut merupakan salah satu upaya melestarikan budaya dan tradisi lokal yang diwariskan leluhur kepada generasi muda.

"Tentunya festival karnaval budaya ini juga menjadi ajang untuk memperkenalkan budaya lokal kepada khalayak, khususnya generasi muda di tengah perkembangan teknologi," katanya, Senin (11/9).

Dalam festival karnaval budaya tersebut, ditampilkan mulai dari sejarah bulusan, tradisi dandangan, gusjigang, dan tradisi lokal lain juga ikut dipertontonkan.

Menurut dia masyarakat harus kompak menggali budaya yang masih terpendam, kemudian merawat tradisi warisan para leluhur tersebut.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus Mutrikah menambahkan bahwa dalam festival budaya ini terdapat 22 kelompok seni yang berasal dari SMP serta perwakilan umum dari sembilan kecamatan.

"Kami memang ingin menampilkan nilai seni dan budaya lokal di Kabupaten Kudus menjadi kemasan pertunjukan pada Festival Budaya agar lebih dikenal masyarakat," ujarnya.

Dia mengungkapkan ide cerita yang dibawakan oleh masing-masing peserta berlatar budaya lokal Kudus, sehingga sejalan dengan upaya pemerintah dalam pemajuan kebudayaan sebagaimana Undang-Undang nomor 5/2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, dan Kabupaten Kudus yang ditindaklanjuti dengan Perda tentang Pemajuan Kebudayaan nomor 8/2021.

Ribuan warga Kudus, Jateng tumpah ruah menyaksikan estival karnaval budaya di Alun-alun Kudus.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News