Ini Jenis Racun yang Digunakan Mbah Slamet Banjarnegara, Korban Tewas dalam 5 Menit

Jumat, 07 April 2023 – 13:07 WIB
Ini Jenis Racun yang Digunakan Mbah Slamet Banjarnegara, Korban Tewas dalam 5 Menit - JPNN.com Jateng
Ilustrasi garis polisi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SOLO - Polda Jawa Tengah memastikan kematian 12 korban dukun Tohari (43) alias Mbah Slamet dan Budi Santoso (46) akibat adanya senyawa beracun, yakni sianida yang masuk ke dalam tubuh.

Kabid Labfor Kombes Pol Slamet Iswanto mengatakan pihaknya mulai melakukan identifikasi jenazah tersebut di Polres Banjarnegara pada Selasa (4/4). Hasilnya ditemukan, dua butir serbuk (apotas) dan dua butir tablet klonidin.

"Dua butir apotas positif mengandung zat potasium sianida. Sedangkan, dua butir tablet mengandung klonidin," ujarnya di Mapolresta Surakarta, Kamis (6/04) sore.

Sianida adalah senyawa beracun dapat menyebabkan kematian pada sel-sel tubuh ketika tertelan. Sedangkan, klonidin adalah obat antihipertensi golongan penghambat reseptor alfa agonis kerja sentral.

Kombes Slamet menjelaskan potasium sianida mampu merusak efek merusak sel-sel di dalam tubuh dalam rentang waktu sekitar 1-5 menit. Jika ditelan dalam jumlah yang cukup banyak, orang bisa meninggal dalam 5 menit.

"Dua belas korban itu positif mengandung sianida. Jadi bisa diambil kesimpulan korban meninggal, karena sianida," tegas Kombes Slamet.

Dalam praktiknya, lanjut Kombes Slamet, kedua pelaku menggunakan dua zat tersebut sebagai syarat dalam ritual penggandaan uang. Pelaku diminta untuk menelan dua zat tersebut.

"Penggunaan dua jenis pil itu merupakan modus dari pelaku," bebernya.

Polda Jawa Tengah memastikan kematian 12 korban dukun Tohari (43) alias Mbah Slamet dan Budi Santoso (46) akibat adanya senyawa beracun, yakni sianida yang masu
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News