JPU Sebut Eks Pimpinan Kantor Cabang Bank di Semarang Terima Suap Rp 700 Juta

Selasa, 13 Juni 2023 – 15:38 WIB
JPU Sebut Eks Pimpinan Kantor Cabang Bank di Semarang Terima Suap Rp 700 Juta - JPNN.com Jateng
Jaksa penuntut umum membacakan surat dakwaan terhadap Monica Okta Dertien pada persidangan di Pengadilan Tipikor Semarang, Jawa Tengah, Selasa (13/6/2023). Foto: I.C.Senjaya/Antara

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Mantan pimpinan sebuah kantor cabang bank di Semarang, Jawa Tengah, Monica Okta Dertien, didakwa menerima suap sebesar Rp 700 juta dalam proses pemberian kredit bermasalah untuk PT Citra Guna Perkasa pada 2016.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Mursriyono menyatakan terdakwa menikmati uang yang diduga berasal dari pencairan kredit yang dilakukan oleh Agus Hartono selaku direktur utama PT Citra Guna Perkasa.

Tindak pidana korupsi yang merugikan negara sebesar Rp 4,4 miliar itu bermula ketika pada 2016 PT Citra Guna Perkasa mengajukan permohonan kredit untuk modal kerja.

Agus Hartono bersama Komisaris PT Citra Guna Perkasa Donny Iskandar Sugiyo Utomo mengajukan permohonan kredit sebesar Rp 10 miliar.

Menurut JPU, dalam proses permohonan kredit itu Agus Hartono berdama Donny Iskandar menyerahkan dokumen fiktif untuk melengkapi persyaratan.

Dokumen yang diduga fiktif tersebut, antara lain, data pembeli dan pemasok, jumlah tenaga kerja, dan jaminan tanah.

Namun, Monica Okta Dertien sebagai pejabat bank menyatakan untuk menyetujui kredit itu tidak perlu melalui pemeriksaan di tempat dan verifikasi  usaha debitur.

"Terdakwa menyampaikan tidak perlu dilakukan pemeriksaan di tempat dan verifikasi karena Agus Hartono merupakan anak pengusaha rokok Sampoerna di Semarang," kata JPU Mursriyono dalam sidang di Pengadilan Tipikor Semarang, Selasa (13/6/2023).

Mantan pimpinan sebuah kantor cabang bank di Semarang, Jawa Tengah, Monica Okta Dertien, didakwa menerima suap sebesar Rp 700 juta.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia