Pemilu 2024 Makin Dekat, Polresta Banyumas Gencarkan Patroli Siber

Selasa, 13 Juni 2023 – 13:06 WIB
Pemilu 2024 Makin Dekat, Polresta Banyumas Gencarkan Patroli Siber - JPNN.com Jateng
Kasatreskrim Polresta Banyumas Kompol Agus Supriadi Siswanto. ANTARA/Sumarwoto

jateng.jpnn.com, BANYUMAS - Satreskrim Polresta Banyumas, Jawa Tengah, mengintensifkan patroli siber guna mengatasi serangan berita-berita hoaks dan fitnah menjelang Pemilu 2024.

"Patroli siber kami laksanakan terus dalam rangka memantau berita-berita hoaks yang ada di medsos (media sosial) untuk kami tindak lanjuti apabila ada pelanggaran tindak pidana pemilu," kata Kasatreskrim Polresta Banyumas Kompol Agus Supriadi Siswanto, Selasa (13/6).

Selain itu, kata dia, pihaknya sudah tergabung dalam Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) yang dibentuk Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Banyumas bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) Purwokerto dan Kejari Banyumas dalam rangka penanganan tindak pidana pemilu.

Dia mengakui jika sejauh ini belum ada laporan terkait dengan dugaan pelanggaran tindak pidana pemilu di Banyumas.

Menurut dia, pihaknya belum menemukan berita hoaks maupun fitnah terkait dengan Pemilu 2024 yang beredar melalui medsos.

"Namun, kami tetap antisipasi terkait dengan kegiatan patroli siber maupun kegiatan-kegiatan di luar patroli siber, misalnya kegiatan pengumpulan data di lapangan terkait dengan tindak pidana pemilu," ujarnya.

Kasatreskrim mengimbau masyarakat umum untuk mengetahui bahwa melakukan tindak pidana siber dengan mengunggah berita-berita hoaks bernuansa politik dan sebagainya akan mendapat konsekuensi berupa jeratan hukum sesuai yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Oleh karena itu, kata dia, masyarakat harus mengantisipasi dan melaporkannya ke Sentra Gakkumdu Banyumas jika mengetahui mengetahui hal tersebut.

Polresta Banyumas menggencarkan patroli siber menjelang Pemilu 2024 untuk mengantisipasi serangan berita-berita hoaks dan fitnah.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News