Kali Pertama, Popda Kota Solo Pertandingkan Basket Kategori Sekolah Dasar

Senin, 09 Oktober 2023 – 21:28 WIB
Kali Pertama, Popda Kota Solo Pertandingkan Basket Kategori Sekolah Dasar - JPNN.com Jateng
Perbasi Kota Solo pertama kalinya menggelar pertandingan basket untuk kategori sekolah dasar (SD) dalam Popda 2023 di Gor Sritex, Senin (9/10). Foto: Romensy Augustino/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SOLO - Terobosan besar dilakukan Pengkot Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Kota Solo yang pertama kalinya menggelar pertandingan basket untuk kategori sekolah dasar (SD).

Ajang bertajuk Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) 2023 itu diselenggarakan di GOR Sritex Arena 9-12 Oktober.

"Saat rapat terkait Popda ini, kami kaget karena kategori SD ini tidak ada, termasuk di Jateng. Namun, khusus Solo kami fight untuk menggelar dan alhamdulillah mendapat dukungan dari Wali Kota (Gibran Rakabuming Raka-red) dan kepala dinas," kata Ketua Perbasi Solo Bagus Andrian John saat ditemui di lokasi, Senin (9/10).

John menjelaskan terobosan menggelar pertandingan tingkat SD didasari komitmen federasi untuk mengembangkan pembinaan di usia dini. Keputusan menggelar pertandingan untuk kelas SD itu pun mendapat sambutan antusias dari peserta.

Pihaknya sudah mengawali dengan digelarnya Liga Solo Junior sejak 2021. Sehingga invesitasi dari Perbasi, Liga Solo maupun pihak lain untuk pembinaan usia dini, khususnya cabor basket sudah besar.

"Khusus Solo saja untuk Popda ini ada 16 tim yang verifikasi. Kalau ditambah yang tidak lolos verifikasi bisa mencapai 24 tim. Dihitung 24 tim kali 12 atlet, kan, ada seratusan atlet usia dini yang kita punya," ujarnya.

Sementara Sekretaris Pengkot Perbasi Solo Fachrudin Siregar menambahkan khusus pertandingan kelompok SD akan berlangsung dua hari, yakni Senin-Selasa (9-10/10).

Dirinya tak menampik, banyak peserta yang ingin mengikuti cabor basket kelompok SD, mengingat Kota Solo pertama kali menggelar untuk kategori itu.

Perbasi Kota Solo pertama kalinya menggelar pertandingan basket untuk kategori sekolah dasar (SD) dalam Popda 2023.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News