Pengamat Menduga Situasi Politik Nasional Bikin Mbak Ita Enggan Maju Pilwalkot Semarang

Senin, 26 Februari 2024 – 20:19 WIB
Pengamat Menduga Situasi Politik Nasional Bikin Mbak Ita Enggan Maju Pilwalkot Semarang - JPNN.com Jateng
Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu. FOTO: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Pengamat Komunikasi Politik Universitas Semarang (USM) Gunawan Wicaksono menyebut keputusan PDI Perjuangan akan menentukan langkah Hevearita Gunaryanti Rahayu maju dalam pemilihan wali kota (Pilwalkot) Semarang 2024.

Gunawan menilai partai banteng moncong putih dapat saja merekomendasikan perempuan yang akrab disapa Mbak Ita itu tetap maju Pilkada 2024.

Menurutnya, Mbak Ita masih punya peluang besar untuk memimpin Kota Semarang. "Saya melihat, itu hanya spontanitas dari Mbak Ita, siapa tahu nanti pertimbangan-pertimbangan selanjutnya termasuk bila ditugaskan oleh partai, kemungkinan itu masih bisa terjadi," kata Gunawan saat dihubungi JPNN.com, Senin (26/2).

Gunawan menyatakan pernyataan Mbak Ita tak maju dalam kontestasi pemilihan kepala daerah cukup mengagetkan publik. Pasalnya, selama ini Mbak Ita telah mencatatkan kinerja yang cukup baik.

Di antaranya, sigap dalam penanganan banjir hingga jalan-jalan rusak di Ibu Kota Jawa Tengah melalui aplikasi Sapa Mbak Ita. Respons cepat tersebut, kini sedang menjadi andalan masyarakat menyampaikan aduan maupun laporan.

"Agak mengagetkan karena sebelum-sebelumnya beliau selalu mem-publish diri, artinya di dalam kegiatan kunjungan, dan sebagainya selalu tampil," ujarnya.

Keputusan Mbak Ita sejak dini tersebut, menurutnya tak hanya dipengaruhi faktor keluarga. Dia menduga situasi politik nasional turut memengaruhi orang nomor satu di Kota Semarang tersebut.

"Ini bisa saja karena pertimbangan-pertimbangan di internal partainya. Terlebih sekarang ini perpolitikan sangat tidak jelas," katanya.

Pengamat politik Gunawan Wicaksono menduga situasi politik nasional yang tak karuan bikin Mbak Ita enggan maju Pilwalkot Semarang 2024.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News