Putusan MK soal Pilkada Angin Segar Bagi PKB Jateng

Rabu, 21 Agustus 2024 – 20:58 WIB
Putusan MK soal Pilkada Angin Segar Bagi PKB Jateng - JPNN.com Jateng
Ketua DPW PKB Jawa Tengah K.H.Yusuf Chudlori saat pelaksanaan ijtima ulama PKB Jawa Tengah di Semarang, Jateng, pada bulan Mei 2024. ANTARA/HO-PKB Jateng

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 60/PUU-XXII/2024 terhadap syarat pencalonan dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016, ambang batas syarat dukungan untuk Provinsi Jawa Tengah sebesar 6,5 persen suara sah partai politik atau gabungan partai politik.

Keputusan itu tentunya membuat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendapat angin segar.

Pasalnya PKB memiliki syarat dukungan lebih dari cukup untuk mengusung sendiri Ketua DPW PKB Jawa Tengah K.H.Yusuf Chudlori atau Gus Yusuf sebagai bakal calon gubernur pada Pilkada 2024.

Sekretaris DPW PKB Jawa Tengah Sukirman mengatakan bahwa PKB meraih sekitar 3.000.000 suara atau 11 persen dari total suara sah pemilu.

"Dengan perolehan 3.000.000 suara, PKB sudah lebih dari cukup untuk mengusung sendiri," kata Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah pada Rabu (21/8).

Menurut dia, Gus Yusuf sudah menerima dukungan dari para kiai dan berbagai kalangan untuk mencalonkan sendiri pada Pilgub Jateng.

"Gus Yusuf akan mendaftar ke KPU sebagai Calon Gubernur Jawa Tengah usai pelaksanaan Muktamar PKB," katanya.

Sementara itu, Ketua Desk Pilkada PKB Jawa Tengah Moh Hudallah menambahkan bahwa sejumlah nama bakal calon gubernur yang akan mendampingi Gus Yusuf sudah diinventarisasi.

PKB Jawa Tengah siap mengusung sendiri Gus Yusuf sebagai calob gubernur dalam Pilkada Jateng 2024 sesuai putusan MK.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News