Munculnya Nama Respati sebagai Cawali Solo Merupakan Usulan Gibran

Kamis, 29 Agustus 2024 – 10:33 WIB
Munculnya Nama Respati sebagai Cawali Solo Merupakan Usulan Gibran  - JPNN.com Jateng
Ilustrasi Pilkada Solo 2024. Foto: Ricardo

jateng.jpnn.com, SOLO - Mantan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka jadi sosok paling berpengaruh atas munculnya nama Ketua Hipmi Solo Respati Ardi sebagai calon kepala daerah di Pilkada 2024.

Respati adalah tokoh yang dipilih untuk menggantikan Mangkunegara X Bhre Tjakhrautomo atau Gusto Bhre yang mendadak mundur.

Ketua DPC Gerindra Solo Ardianto Kuswinarno mengatakan munculnya nama Respati ini tak lepas adanya masukan dari Gibran dan Gusti Bhre.

"Kalau plan A kelihatannya mandek, maka plan B harus disiapkan. Namun, kan, tetap kewenangan ada di Gusti Bhre dan Mas Gibran. Itu tarik ulurnya panjang sekali," kata Ardianto, Kamis (29/8).

Keterlibatan Gibran dalam memilih calon wali kota Solo ini tidak lepas dari misi melanjutkan programnya semasa menjabat Wali Kota Surakarta.

"Mas Gibran tetap cawe-cawe, tetapi artinya Gusti Bhre cari pengganti yang sesuai dan kredibel harapan, karena ke depannya akan selalu di sampingnya, baik itu kampanye dan sebagainya," jelas Ardianto.

Dia juga menyebut bahwa saran dari Gibran sangat dihargai karena sosok wali kota terpilih nantinya akan meneruskan program kerja putra Presiden Joko Widodo itu.

"Bukan menentukan manutnya tidak, kami menghargai. Mas Gibran, kan, orang Solo, beliau (Respati) yang akan menggantikan Mas Gibran sebagai wali kota nantinya harus melanjutkan program-programnya. Yang masih dalam rancangan mau dibangun, kalau berhenti, kan, eman-eman," tutur dia.

Gibran Rakabuming Raka jadi sosok paling berpengaruh atas munculnya nama Ketua Hipmi Solo Respati Ardi sebagai calon kepala daerah di Pilkada 2024.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News