Elektabilitas Paslon Pilwakot Semarang, Yoyok-Joss Unggul atas Agustin-Iswar, tetapi...

Jumat, 27 September 2024 – 01:00 WIB
Elektabilitas Paslon Pilwakot Semarang, Yoyok-Joss Unggul atas Agustin-Iswar, tetapi... - JPNN.com Jateng
FGD Membaca Peta Politik Pilwakot Semarang 2024 di Rumah Popo, Kota Lama Semarang, Kamis (26/9). Foto: Danang Diska Atmaja/JPNN

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Echo Location Survey & Strategies merilis hasil survei elektabilitas pasangan calon (paslon) wali kota dan wakil wali kota Semarang dalam Pilkada 2024.

Elektabilitas paslon nomor urut 2 Yoyok Sukawi-Joko Santoso (Yoyok-Joss) unggul di atas paslon nomor urut 1 Agustina Wilujeng-Iswar Aminuddin.

Peneliti Echo Location Survey & Strategies Joko J Prihatmoko mengatakan tingkat keterpilihan Yoyok-Joss sebesar 55,82% unggul jauh di atas Agustina-Iswar dengan elektabilitas 28,64%. Sementara masih ada 15,54% yang belum menentukan pilihan.

"Pasangan calon Agustina Wilujeng-Iswar Aminuddin sebesar 28,64 persen dan Yoyok Sukawi-Joko Santoso 55,82 persen. Adapun pemilih yang tidak menjawab dan/atau belum menentukan pilihan sebesar 15,54 persen," katanya dalam FGD Membaca Peta Politik Pilwakot Semarang 2024 Jilid 4: Kemana Arah Pemilih Muda Gen Z? di Rumah Popo, Kota Lama Semarang, Kamis (26/9).

Dia menuturkan bahwa peta pilihan pemilih terhadap pasangan calon masih dinamis. Hal ini ditandai dengan besaran pemilih yang masih mengubah pilihan (swing voter) sebesar 33,49 persen dan pemilih tidak mengubah pilihan (strong voters) sebesar 66,51 persen.

"Sepertiga pemilih masih mungkin mengubah pilihan menjelang pemungutan suara pada 27 November 2024," ungkapmya.

Dosen Ilmu Politik Universitas Wahid Hasyim Semarang (Unwahas) itu mengatakan perubahan pilihan bisa terjadi karena ada beragam faktor yang bisa mempengaruhi dukungan publik.

Misalnya, kata dia, citra dan penetrasi kandidat, visi-misi atau program unggulan, manajemen kampanye oleh tim pemenangan, serta dinamika politik lainnya.

Echo Location Survey & Strategies merilis hasil survei elektabilitas pasangan calon (paslon) wali kota dan wakil wali kota Semarang dalam Pilkada 2024.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News