Pilwakot Semarang 2024: Suara Milenial & Gen Z jadi Kunci

Jumat, 27 September 2024 – 15:05 WIB
Pilwakot Semarang 2024: Suara Milenial & Gen Z jadi Kunci - JPNN.com Jateng
Pengamat politik Universitas Diponegoro (Undip) Semarang Wahid Abdulrahmah. Foto: Danang Diska Atmaja/JPNM

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Dua pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Semarang akan bertarung dalam kontestasi Pilkada 2024, yakni Yoyok Sukawi-Joko Santoso dan Agustina Wilujeng-Iswar Aminuddin.

Pengamat politik Universitas Diponegoro (Undip) Semarang Wahid Abdulrahmah mengatakan kedua paslon tersebut harus bisa menggaet suara anak muda.

"Salah satu kunci kemenangan dalam Pilwakot Semarang ialah suara generasi milenial dan generasi Z yang jumlahnya mencapai 54 persen," ujarnya di Semarang, Jumat (27/9).

Menurutnya, masing-masing kandidat bisa mengambil suara pemilih muda melalui gagasan atau program yang kemudian dikemas dengan menarik dan kreatif melalui kampanye di media sosial.

Namun, kata dia, dua hal ini harus didukung oleh figur atau ketokohan dari masing-masing paslon.

"Yang bisa menarik dari para paslon adalah gagasan paslon. Kedua adalah media, milenial dan Gen Z adalah pemakai media sosial. Terakhir adalah figur," ungkap dia.

Dia menyebutkan sejauh pengamatannya dari kedua paslon tersebut semuanya melakuken pendekatan dengan generasi muda di media sosial.

Namun gagasan atau program yang ditawarkan belum menyentuh persoalan dan kebutuhan anak muda.

Pengamat politik Undip Semarang Wahid Abdulrahmah mengatakan kedua paslon Pilwakot 2024 harus bisa menggaet suara anak muda.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News