FX Rudy Merasa PDIP Solo Diintervensi Polisi, Kapolresta Bereaksi Begini

Rabu, 08 November 2023 – 17:35 WIB
FX Rudy Merasa PDIP Solo Diintervensi Polisi, Kapolresta Bereaksi Begini - JPNN.com Jateng
Ketua DPC PDIP Surakarta FX. Hadi Rudyatmo. Foto: Romensy Augustino/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SOLO - Ketua DPC PDIP Surakarta FX. Hadi Rudyatmo merasa mendapat intervensi dengan adanya patroli dari pihak kepolisian di sekitaran kantor partai berlogo banteng tersebut.

Di sisi lain Kapolresta Surakarta Kombes Pol Iwan Saktiadi menyebut bahwa patroli tersebut rutin dilakukan menjelang Pemilu 2024.

Rudy mengungkapkan bahwa dirinya mendapatkan laporan jika Kantor DPC PDIP di Jalan Hasanudin, Brengosan, Kampung Brengosan, dipatroli polisi. Laporan tersebut didapatnya pada, Rabu (8/11).

Dia mengatakan polisi tidak hanya melakukan patroli tetapi juga berhenti cukup lama di depan Kantor DPC PDIP Solo.

"Saya barusan saja kalau DPC PDIP dipatroli polisi. Kalau patroli, kan, hanya sekadar lewat. Ini berhenti. Kalau foto, kan, lama, kalau saya di sana saya bisa menjawab berapa lama," katanya.

Mantan Wali Kota Surakarta itu menilai giat yang dilakukan pihak kepolisian di depan kantornya tidak wajar, karena aparatur negara baik TNI, POLRI atau ASN tidak akan datang ke pusat para kader PDIP Solo kalau tidak ada kegiatan resmi.

Selain itu, Kantor DPC PDIP Solo saat ini belum digunakan sehingga giat yang dilakukan itu menimbulkan opini liar di masyarakat.

"Hal itu dinilai oleh kader partai adalah hal yang disayangkan. Karena dari dulu sampai sekarang DPC tidak pernah dilakukan seperti itu," katanya.

Sementara itu, Kapolresta Kombes Pol Iwan Saktiadi menegaskan bahwa pihaknya hanya melakukan patroli rutin menjelang Pemilu 2024 dan tidak ada yang istimewa dari giat tersebut. Patroli rutin merupakan tugas pokok kepolisian dan dijamin oleh undang-undang untuk menjamin Kamtibmas. 

Iwan memastikan bahwa pihaknya tidak melakukan interaksi apa pun dengan orang-orang yang ada di sekitar DPC. Patroli yang dilakukan hanya untuk menjaga Kamtibmas.

"Kalau patroli sudah kewajiban. Tidak hanya DPC PDIP, semua kantor kami sambangi, kantor-kantor KPU, Bawaslu, partai-partai lain juga kami sambangi, tidak ada yang berbeda dengan itu," ujarnya saat dihubungi.

Lebih lanjut, Kapolresta meminta maaf apabila tindakan patroli yang dilakukan membuat para kader PDIP merasa terintimidasi. 

"Kalau secara pribadi beliau (Rudy) tidak berkenan, ya, saya sebagai Kapolresta mohon maaf. Tidak ada maksud apa pun, kami netral," tuturnya. (mcr21/jpnn)

Ketua DPC PDIP Solo FX. Hadi Rudyatmo merasa mendapat intervensi dari pihak kepolisian. Kapolresta bereaksi begini.

Redaktur : Danang Diska Atmaja
Reporter : Romensy Augustino

Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News