Melihat Umat Hindu & Buddha, Ganjar Pranowo: Saya Terharu dan Bahagia

Sabtu, 12 Februari 2022 – 16:46 WIB
Melihat Umat Hindu & Buddha, Ganjar Pranowo: Saya Terharu dan Bahagia - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. FOTO: Humas Pemprov Jateng

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tersentuh hatinya melihat umat Hindu dan Buddha di dunia dapat beribadah di 4 candi yang ada wilayahnya dan Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Hal itu setelah Prambanan, Borobudur, beserta Candi Pawon dan Mendut disepakati untuk kembali dimanfaatkan sebagai tempat ibadah. 

"Saya terharu dan bahagia. Terharu betul melihat suasana wajah (umat Hindu dan Buddha) yang ceria, gembira. Bahkan tadi menyampaikan mereka langsung berdoa karena rasa bahagia itu," kata Ganjar, Sabtu (12/2).

Baginya, pemanfaatan keempat candi itu untuk kepentingan agama merupakan wujud nyata Berketuhanan Yang Maha Esa dan menjalankan nilai Pancasila. 

Pemanfaatan itu juga sudah menjadi impian Ganjar dan umat Hindu-Buddha sejak lama. 

Ia bercerita bahwa keinginan itu pernah disampaikan langsung kepada Wakil Presiden Budiono yang waktu itu berkunjung ke Borobudur, tepatnya saat perayaan Waisak.

"Ini impian sejak lama sebenarnya dan kami sudah pernah mencoba menyiapkan sejak dari awal. Terharu juga karena saya masih ingat pada saat permintaan ini juga disampaikan langsung oleh umat Buddha kepada Wakil Presiden," katanya.

Waktu itu, kata dia, impian bersama ini belum bisa dengan seketika direalisasikan. 

Ganjar Pranowo tersentuh hatinya melihat umat Hindu dan Buddha bisa beribadah di empat candi.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News