Diundang FH UGM, Ganjar Pranowo Beber Problem Penanganan Kekerasan Seksual & Solusinya

Selasa, 15 Februari 2022 – 16:30 WIB
Diundang FH UGM, Ganjar Pranowo Beber Problem Penanganan Kekerasan Seksual & Solusinya - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat menjadi pembicara di seminar nasional penanganan kekerasan seksual di FH UGM, Selasa (15/2). FOTO: Humas Pemprov Jateng

jateng.jpnn.com, YOGYAKARTA - Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM) mengundang Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai salah satu pembicara dalam seminar nasional soal penanganan kekerasan seksual, Selasa (15/2). 

Dalam kesemmpatan tersebut, Ganjar bercerita problem utama dalam penanganan kekerasan seksual adalah keengganan masyarakat untuk melapor. 

"Problem soal kekerasan seksual ini adalah, banyak masyarakat yang tidak mau lapor. Mereka ada yang takut, ada yang malu karena aib dan sebagainya," kata Ganjar.

Ia meminta masyarakat melaporkan kejadian kekerasan seksual yang dialami. Masyarakat diminta tidak takut karena pemerintah akan berupaya semaksimal mungkin untuk melindungi. 

Data yang masuk di Jawa Tengah, pada 2021 tercatat sebanyak 2.257 korban mengalami kekerasan seksual

Kendati demikian, Ganjar menduga masih ada korban yang takut atau tidak mau melapor terkait kekerasan yang dialami.

"Hal pertama yang dilakukan di Jawa Tengah adalah membuka kanal-kanal aduan terkait kekerasan seksual pada perempuan dan anak," ujarnya. 

Ganjar juga membuat Perda khusus terkait perlindungan perempuan dan anak. 

FH UGM mengundang Ganjar Pranowo sebagai pembicara dalam seminar penanganan kekerasan seksual. Ia juga menyiapkan solusinya.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News