Lepas Jabatan Komisaris Utama, Sebegini Ternyata Total Kekayaan Gibran

Jumat, 04 Februari 2022 – 14:06 WIB
 Lepas Jabatan Komisaris Utama, Sebegini Ternyata Total Kekayaan Gibran - JPNN.com Jateng
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka. FOTO: Romensy Augustino/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SOLO - Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengaku telah melepaskan jabatannya sebagai komisaris utama di sejumlah perusaahaan. 

"Ada beberapa, yo rapopo to perusahaan-perusahaanku dewe (ya tidak apa-apa, perusahaanku sendiri)," kata Gibran di Balai Kota Surakarta, Kamis (3/02).

Pernyataan itu menanggapi kritikan dari ekonom senior Faisal Basri beberapa waktu yang menuding dirinya masih menjabat sebagai komisaris utama. Ekonom itu pun meminta Gibran untuk melepas rangkap jabatan tersebut lantaran dikhawatirkan terjadi konflik kepentingan. 

"Biasa, jual saham. Jual sitik jual kabeh (jual sedikit jual semua), Biasa," terang Gibran.

Meskipun begitu, putra sulung Presiden Jokowi itu enggan menyebut perusahan mana saja yang sudah dilepasnya.

"Ada beberapa, cek sendiri saja di LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara) saya," ungkapnya. 

Berdasarkan LHKPN yang disampaikan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada September 2020, total kekayaan Gibran mencapai Rp 21,1 miliar. 

Nominal tersebut berdasarkan sejumlah aset yang dimilikinya. Gibran tercatat tanah dan bangunan di Kota Surakarta dan Sragen, Jawa Tengah dengan total Rp13,4 miliar. 

Gibran Rakabuming Raka mengaku telah melepas jabatan komisaris utama di sejumlah perusahaan. Sebegini total kekayaannya yang dilaporkan ke KPK.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News