Laka Maut di Bantul, Bus Pariwisata Pelat Solo Itu Diperiksa, Ini Hasilnya

Rabu, 09 Februari 2022 – 05:15 WIB
Laka Maut di Bantul, Bus Pariwisata Pelat Solo Itu Diperiksa, Ini Hasilnya - JPNN.com Jateng
Kondisi bus setelah kecelakaan di Jl. Dlingo-Imogiri, Minggu (6/2). Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SOLO - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surakarta memeriksa kelayakan bus pariwisata asal daerah setempat yang terlibat laka maut di Bantul, Yogyakarta, beberapa waktu lalu. 

Kepala Dishub Kota Surakarta Hari Prihatno mengatakan dari hasil pemeriksaan yang dilakukan, Bus Pariwisata Gandhos Abadi AD-1507-EH masih layak jalan dikarenakan hasil uji kir 6 bulan sekali masih berlaku. 

"Hasil uji kir yang kami lakukan layak jalan, hasilnya bagus. Artinya sudah sesuai prosedur, lolos semua," ungkapnya saat diwawancari, Selasa (8/2).

Hari menyebut bahwa hasil tersebut tidak direkayasa karena sistem yang digunakan saat melakukan uji kir menggunakan sistem computerize.

"Jadi tidak mungkin menipu karena pakai komputer. Kalau enggak bagus ya enggak lolos," tegas dia.

Hari menuturkan meski telah lolos uji kir, perusahaan bus maupun sopir seharusnya masih melakukan pengecekan baik itu pada kampas rem, lampu penerangan, ban dan lainnya setiap akan berpergian.

“Pengalaman saya, kalau kendaraan tidak enak itu pasti terasa kok. Sopir juga harus profesional, harus pakai insting juga,” katanya. 

Hari menambahkan proses uji kir yang selama ini diterapkan di Kantor Dishub telah tersistem.

Bus pariwisata asal Solo yang terlibat laka maut di Bantul diperiksa. Temuan ini, kata Hari, tidak direkayasa.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News