Kirab Boyongan Keraton Surakarta, Bius Masyarakat yang Menontonnya

Jumat, 18 Februari 2022 – 09:00 WIB
Kirab Boyongan Keraton Surakarta, Bius Masyarakat yang Menontonnya - JPNN.com Jateng
Kirab Boyong Kedhaton yang diselenggarakan di Halaman Balai Kota Surakarta, Kamis (17/2/2022). ANTARA/Aris Wasita

jateng.jpnn.com, SOLO - Pelaksanaan Kirab Boyong Kedaton 2022 dalam rangka HUT ke 277 Kota Solo berjalan lancar, Kamis (17/02) sore.

Puluhan rombongan berjalan dari halaman Benteng Vastenburg hingga halaman Balai Kota Surakarta.

Kirab yang berlangsung dengan sederhana itu mampu membius masyarakat yang turut menyaksikan. 

Aksi iring-iringan dipimpin oleh performa dua orang perempuan yang berdandan layaknya abdi dalem Keraton Kasunanan.

Mengenakan busana kemben jarik dan samir warna kuning-merah yang dikalungkan di leher, kedua perempuan itu berjalan di barisan paling depan sambil membawa dua bibit pohon beringin.

Di belakangnya, beberpapa orang membawa berbagai diorama dari berbagai benda. Mulai dari kayu bangunan, replika kuda dan gajah, puluhan pusaka, hingga berbagai sesajen yang dipikul sejumlah orang.

"Kirab Boyong Kedaton ini menceritakan perpindahan Keraton Kartasura ke Desa Sala dan akhirnya menjadi Keraton Kasunanan Hadiningrat," kata Wakil Wali (Wawali) Kota Surakarta, Teguh Prakosa saat setelah menghadiri acara kirab.

Di tengah-tengah penampilan para penari dan para aktor dalam tarian kolosal di Taman Balai Kota Solo, sembilan perempuan cantik menghantarkan berbagai jenis jenang untuk sejumlah pejabat yang hadir.

Pelaksanaan Kirab Boyongan Keraton Surakarta dalam rangka Hari Jadi Kota Solo ke 277, berhasil membius masyarakat yang hadir di situ.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News