Sejarah Situs Patiayam Kudus Bakal Dibukukan, Generasi Muda Diharapkan Makin Tertarik

Jumat, 26 Januari 2024 – 17:20 WIB
Sejarah Situs Patiayam Kudus Bakal Dibukukan, Generasi Muda Diharapkan Makin Tertarik - JPNN.com Jateng
Eskavasi gajah purba elepas di Situs Patiayam Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. (ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif)

jateng.jpnn.com, KUDUS - Pemkab Kudus akan membukukan sejarah tentang keberadaan Situs Purbakala Patiayam di Desa Terban, Kecamatan Jekulo.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kudus Mutrikah mengatakan pembukuan tersebut agar masyarakat luas bisa mengetahui kebudayaan masa lalu secara lengkap.

"Untuk saat ini sedang dilakukan penelitian sisa vertebrata di Situs Patiayam Kudus dengan menghadirkan para peneliti yang tergabung dalam Center for Preshistory and Austronesian Studies (CPAS) Indonesia bersama Yayasan Dharma Lestari," ujarnya, Jumat (26/1).

Dia mengakui rencana sejarah Situs Purbakala Patiayam Kudus dibukukan merupakan bantuan dari Yayasan Dharma Lestari yang sebelumnya berkunjung ke Desa Terban.

Ternyata, kata dia, masih banyak warga yang menemukan fosil purba tidak mengetahui harus diperlakukan seperti apa, sehingga pengelola yayasan tersebut berinisiatif membantu Pemkab Kudus untuk pengembangan Situs Patiayam sekaligus upaya pelestariannya agar tetap terjaga.

Oleh karena itu, imbuh dia, Yayasan Dharma Lestari mendatangkan tim peneliti yang melakukan penelitian sisa vertebrata di Situs Purbakal Patiayam.

Kegiatannya, mulai dari meliputi studi lapangan, survei, ekskavasi, dan analisis temuan sisa vertebrata di situs yang berumur hampir satu juta tahun yang lalu itu dengan melibatkan pakar arkeologi Prof. Dr. Truman Simanjuntak.

Pakar arkeologi tersebut, sebelumnya juga pernah melakukan penelitian fosil hewan purba yang ditemukan di Patiayam Kudus pada 1980.

Pemkab Kudus akan membukukan sejarah Situs Patiayam Kudus untuk menarik minat generasi muda akan nilai sejarah di sana.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News