Ratusan Sopir Truk di Kudus Terancam Kehilangan Mata Pencaharian, Kemenhub Digugat

Kamis, 17 Februari 2022 – 14:48 WIB
Ratusan Sopir Truk di Kudus Terancam Kehilangan Mata Pencaharian, Kemenhub Digugat - JPNN.com Jateng
Ratusan sopir truk di Kabupaten Kudus dan sekitarnya menggelar aksi untuk menolak kebijakan pemerintah terkait pelarangan truk over dimension and overloading (ODOL) di halaman Kantor Dishub Kudus, Jawa Tengah, Kamis (17/2/2022). ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif

jateng.jpnn.com, KUDUS - Ratusan sopir truk di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah menggelar demonstrasi di kantor dinas perhubungan setempat, Kamis (17/2).

Kedatangan mereka untuk menyuarakan penolakan terkait dengan pelarangan truk over dimension and overloading (ODOL) karena bakal menghilangkan mata pencaharian sopir truk.

Para sopir truk juga membawa kendaraannya dengan ditempeli poster penolakan dan keluhan dengan adanya normalisasi ODOL sehingga memadati halaman Kantor Dishub Kudus, Jawa Tengah dan ruas Jalan H.M. Subchan Z.E..

"Kami berharap Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengkaji ulang pemberlakuan normalisasi ODOL tersebut karena banyak sopir truk yang akan kehilangan mata pencaharian ketika aturan tersebut diberlakukan," kata Ketua Umum Aliansi Pengemudi Nasional Suroso didampingi kuasa hukum Slamet Riyadi saat beraudiensi dengan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kudus Catur Sulistiyanto di aula Kantor Dishub Kudus.

Menurutnya, tidak semua sopir mampu melakukan perbaikan dimensi truknya karena selama ini sudah terbebani angsuran pelunasan pembelian truk serta biaya operasional kendaraan.

"Ini mau ditambah lagi biaya perbaikan dimensi kendaraan," ujarnya.

Selain itu, dia memandang perlu Pemerintah terlibat dalam penyusunan standardisasi tarif untuk jasa pengiriman karena selama ini tidak ada sehingga pengguna jasa pengiriman barang maunya mendapatkan tarif yang murah.

Ia mengingatkan dalam penyusunan aturan sebaiknya melibatkan masyarakat bawah, terutama sopir truk yang mengetahui permasalahan di lapangan.

Nasib sopir truk terancam dengan adanya kebijakan normalisasi ODOL dari Kemenhub. Domenstrasi digelar untuk mencari keadilan.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News