Abrasi Makin Parah di Rembang, Lihat Kondisi 4 Desa Ini

Kamis, 24 Februari 2022 – 13:00 WIB
Abrasi Makin Parah di Rembang, Lihat Kondisi 4 Desa Ini - JPNN.com Jateng
Kondisi bibir pantai salah satu desa di Kecamatan Kragan, Rembang. FOTO: jatengprov.go.id

jateng.jpnn.com, REMBANG - Abrasi yeng terjadi di pesisir pantai Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, kian parah. Di antara yang terdampak paling parah adalah 4 desa di Kecamatan Kragan.

Bupati Rembang Abdul Hafidz mengatakan pihaknya akan akan memfokuskan pada penanganan abrasi, khususnya di Kecamatan Kragan.

Menurutnya, ada sejumlah desa di Kecamatan Kragan abrasinya terbilang parah. Di antaranya, Desa Karanganyar, Kragan, Karangharjo, dan Pandangan Kulon.

Bupati menyampaikan akan ada kucuran dana sebesar Rp 19,2 miliar dari pemerintah pusat untuk menangani abrasi di wilayahnya.

“Rp 19,2 miliar itu untuk penanganan abrasi. Dari Karanganyar sampai ke barat, untuk persisnya belum tahu, tetapi itu bisa mengatasi dua kilometer lebih,” ungkapnya dalam forum musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) di Kantor Kecamatan Kragan, Rabu (23/2).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Rembang Dwi Wahyuni Hariyati menambahkan, pihaknya selalu mengusulkan penanganan abrasi di Kecamatan Kragan sampai Sarang.

Namun, pemerintah pusat dalam hal ini Kementrian PUPR RI memfokuskan di Kragan.

“Ini memang bukan kewenangan kabupaten. Namun, kami tetap mendorong sampai ke Sarang. Kami berupaya mencarikan sumber anggaran dari manapun,” tegasnya.

Abrasi di Rembang, kian parah dari ke hari. Lihat reaksi bupati saat melihat kondisi yang terjadi.
Sumber jatengprov

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News