Viral Video Pernikahan Beda Agama, Nurkholish: Saya Ajak Teman-Teman Speak Up

Rabu, 09 Maret 2022 – 13:42 WIB
Viral Video Pernikahan Beda Agama, Nurkholish: Saya Ajak Teman-Teman Speak Up - JPNN.com Jateng
Aktivis Indonesian Conference On Religion and Peace (ICRP) Ahmad Nurcholish dalam webinar Mengenal Lembaga Fasilitator Beda Agama, Senin (7/3). Foto: Tangkap layar dari akun Katolikan di YouTube.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Aktivis Indonesian Conference On Religion and Peace (ICRP) Ahmad Nurcholish buka suara terkait unggahan video pernikahan beda agama di Semarang yang viral.

Dia yang menjadi saksi dalam pernikahan tersebut itu mengaku meminta pasangan beda agama untuk berani speak up.

Menurutnya, jika pasangan beda agama tidak berani speak up dan bersembunyi atau menyamarkan identitasnya maka tidak akan berdampak positifnya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,

"Saya ajak teman-teman untuk speak up," katanya dalam webinar Mengenal Lembaga Fasilitator Beda Agama yang diunggah akun Katolikan di YouTube, beberapa waktu lalu.

Nurcholish mengatakan masa depan pernikahan beda agama itu ada di tangan sejumlah pasangan yang sudah malakukannya.

Jika terjadi pro dan kontra, kata dia, setidaknya masyarakat mengetahui bahwa ada fenomena pernikahan beda agama di kehidupan sosial.

"Sebetulnya, itu kan fakta sosial yang sudah ada, bahkan sebelum Indonesia merdeka. Jadi, sejak zaman dahulu kala itu sudah ada, nenek moyang kita juga melakukan," ungkapnya.

Lebih lanjut, Nurcholish bercerita bahwa aksinya memdampingi pasangan beda agama yang memiliki rencana menikah sudah dilakukan sejak akhir 2004.

Aktivis ICRP Ahmad Nurcholish yang menjadi saksi pernikahan beda agama di Semarang, kembali buka suara. Video pernikahan itu sempat viral.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News