Gus Baha Jelaskan Cara Nabi Mendidik Istri-istrinya, Suami Wajib Tahu!

Minggu, 13 Maret 2022 – 18:00 WIB
Gus Baha Jelaskan Cara Nabi Mendidik Istri-istrinya, Suami Wajib Tahu! - JPNN.com Jateng
Kiai Haji (KH) Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha. Ilustrator: Sultan Amanda/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Nabi Muhammad SAW adalah teladan sempurna bagi umat muslim. Beliau tidak hanya mengajarkan umatnya mengenai hukum Allah SWT, tetapi juga banyak hal dalam kehidupan sosial dan rumah tangga.

Salah satu yang diajarkan nabi, sebagaimana diabadikan dalam banyak kitab hadis adalah cara nabi mendidik istri-istrinya.

Pembahasan ini dijelaskan cukup gamblang oleh Kiai Haji (KH) Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha.

Gus Baha terlebih dahulu menyampaikan hadis tentang kondisi nabi ketika melakukan salat malam. Hadis itu berbunyi:

"Dari Aisyah Ra, ia berkata: Saya pernah tidur melintang di hadapan Rasulullah SAW dan kedua kakiku tepat di kiblat beliau. Jika beliau hendak sujud, maka beliau meraba kakiku dan aku pun menarik kedua kakiku. Dan ketika berdiri, maka aku pun meluruskan keduanya. Saat itu tidak ada lampu di rumah." (Muttafaqun Alahi)

Gus Baha kemudian melemparkan pertanyaan kepada jemaahnya, apakah kamu bisa meniru nabi yang tetap melakukan salat malam meskipun istri sedang tidur di depan?

Ulama asal Rembang ini kemudian melanjutkan penjelasannya dengan mengutip hadis dalam Kitab Shahih Muslim, yang berbunyi:

“Rasulullah SAW bertanya kepadaku pada suatu hari: ‘Wahai Aisyah, apakah engkau memiliki sesuatu (untuk dimakan pagi ini?)’. Aku menjawab: ‘wahai Rasulullah, kita tidak memiliki sesuatu pun (untuk dimakan)’. Beliau lalu bersabda: ‘kalau begitu aku akan puasa."

Gus Baha ungkap cara Nabi mendidik istri-istrinya. Sebuah pelajaran berharga yang kini makin dilupakan. Suami bisa meniru.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News