50 Personel Digembleng SAR Semarang di Pantai Bandengan, Lihat

Selasa, 15 Maret 2022 – 23:07 WIB
50 Personel Digembleng SAR Semarang di Pantai Bandengan, Lihat - JPNN.com Jateng
Peserta pelatihan water rescue di Pantai Bandengan Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah. Foto: Humas Kantor SAR Semarang.

jateng.jpnn.com, JEPARA - Sebanyak 50 peserta Forum Koordinasi Pencarian dan Pertolongan (FKP3) Jepara mengikuti serangkaian pelatihan Water Rescue di Pantai Bandengan.

Pelatihan berbasis pencarian, pertolongan dan evakuasi di permukaan air ini diinisiasi oleh Kantor SAR Semarang. Rencananya kegiatan akan berlangsung selama enam hari, mulai Senin (14/3) hingga Sabtu (19/3).

Sejumlah materi dan praktik berkaitan dengan subtansi Basarnas disampaikan instruktur dari pegawai Kantor SAR Semarang.

"Pelatihan ini bertujuan meningkatkan keterampilan pertolongan di air dan menambah rasa sinergi antar-personel dalam kerja tim," kata Kepala Kantor SAR Semarang Heru Suhartanto, Selasa (15/3).

Heru menyebut peningkatan kapasitas tim rescue diperlukan untuk terjun menangani suatu musibah yang terjadi di wilayah kerja Kantor SAR Semarang, terutama wilayah Kabupaten Jepara.

Di antara materi yang disampaikannya adalah metode pertolongan di air, pengenalan perahu karet, pemindahan darurat, bantuan hidup dasar resustusi jantung paru (BHDRJP), dan simulasi pertolongan di air.

"Ada simulasi pemasangan motor tempel dan pengoperasian perahu karet, cara membalikkan perahu karet hingga pengevakuasian korban selamat di permukaan air," jelasnya.

Dia menuturkan kecelakaan perairan yang terjadi di sungai maupun di laut sering kali terjadi di wilayah Kabupaten Jepara.

Kantor SAR Semarang gembleng 50 personel soal penanganan kecelakaan perairan. Ini materi yang diberikan.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News