Kampung Pancasila Madiun, Rumah Ibadah 5 Agama, Ganjar: Dahsyat!

Minggu, 17 April 2022 – 01:35 WIB
Kampung Pancasila Madiun, Rumah Ibadah 5 Agama, Ganjar: Dahsyat! - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat di Kampung Pancasila Desa Bulakrejo, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Foto: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, MADIUN - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melanjutkan lawatannya di Provinsi Jawa Timur dari Kabupaten Magetan menuju  Madiun, Sabtu (16/4).

Di kabupaten kedua kunjungan kerjanya itu, Ganjar menapaki jejak di Kampung Pancasila, Desa Bulakrejo, Kecamatan Balerejo.

Di kampung tersebut, terdapat satu rumah megah dikelilingi lima tempat peribadatan dari agama-agama yang ada di Indonesia.

Mulai dari masjid, gereja, vihara, kelenteng sampai pura mengelilingi satu bangunan utama yang merupakan rumah milik pemuka agama Islam setempat.

Tokoh agama Islam itu bernama Kiai Ali Mursyid. Dialah yang mendirikan seluruh bangunan itu sebagai simbol persatuan sejak 2000-an silam. Barulah kemudian, istilah Kampung Pancasila disematkan tak lama dari pembangunannya.

Sepeninggal Kiai Ali Mursyid pada 2007 lalu, Kampung Pancasila dikelola oleh keponakannya, yaitu Kiai Ali Muslih.

Awal kemunculannya, tempat itu sempat viral di media sosial. Banyak orang penasaran dengan Kampung Pancasila dan datang mengunjunginya, termasuk Ganjar bersama istrinya Siti Atiqoh di sela kunjungan kerjanya.

Di kampung lima rumah ibadah itu, Ganjar berkesempatan salat di masjid yang ada di sana. Dia juga menyempatkan diri mampir ke rumah pengelola Kampung Pancasila Madiun bertemu dengan Kiai Ali Muslih.

Ganjar Pranowo mengunjungi Kampung Pancasila Madiun. Kesannya terhadap tempat yang viral itu luar biasa. Dia menaruh hormat tinggi kepada sang pendiri.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News