Pesona Masjid Ar-Rahman Blitar, Ganjar Pranowo: Masyaallah!

Minggu, 17 April 2022 – 04:30 WIB
Pesona Masjid Ar-Rahman Blitar, Ganjar Pranowo: Masyaallah! - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat tiba di Masjid Ar-Rahman Blitar. Foto: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, BLITAR - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kunjungan keroja di Provinsi Jawa Timur. Setelah dari Kabupaten Magetan, Madiun, dan Kediri, dia bersama rombongan tiba di Blitar, Sabtu (16/4).

Ganjar bersama rombongan tiba di Blitar langsung menuju Masjid Ar-Rahman Blitar tepat waktu berbuka puasa dan menunaikan ibadah salat Maghrib, salat isya dan salat tarawih berjamaah.

"Iya, tadi saya mau langsung ke hotel setelah salat di sana (Masjid Ar-Rahman), tetapi setelah saya salat, masyaallah, masjidnya luar biasa. Saya langsung jatuh cinta," katanya.

Keberadaan masjid itu ternyata menjadi destinasi wisata religi bagi masyarakat. Ganjar menyebut Masjid Ar-Rahman menyerupai Masjid Nabawi.

Masjid itu memiliki payung seperti masjid di Nabawi. Di dalam masjid, tiang-tiang berdiri dengan lilitan tembaga berwarna emas. Lampu-lampu yang menghiasi juga mirip dengan yang ada di Masjid Nabawi.

Selain itu, di bagian imam juga didesain mirip dengan ka'bah sehingga jemaah merasakan seolah salat di depan ka'bah.

"Banyak orang datang, apalagi sekarang Ramadan, mereka bisa berjamaah di sini, tarawih dan lainnya. Luar biasa, bisa makin maju Blitar ini," ucapnya.

Ganjar menjawab tujuannya singgah ke Blitar adalah untuk berziarah ke makam Bung Karno. Namun, di sela itu, dia diajak oleh para arkeolog dan budayawan untuk menengok Candi Penataran.

Masjid Ar-Rahman Blitar lansung membuat Ganjar Pranowo jatuh cinta. Kemegahan bangunannya dikaitkan dengan Masjid Nabawi Madinah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News