Antisipasi PMK di Solo, Ratusan Kambing Diperiksa

Senin, 16 Mei 2022 – 18:07 WIB
Antisipasi PMK di Solo, Ratusan Kambing Diperiksa - JPNN.com Jateng
Petugas Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surakarta saat memeriksa kambing di Pasar Kambing, Semanggi, Pasar Kliwon, Solo (16/05/2022). Foto: Romensy Augustino/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SOLO - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surakarta melakukan pemeriksaan kepada ratusan hewan di Pasar Kambing, Semanggi, Senin (16/5).

Melibatkan Satgas Pangan Polresta Surakarta, pemeriksaan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK).

"Alhamdulillah semuanya dalam keadaan sehat. Tidak ada gejala PMK," ungkap Kepala Bidang Veteriner Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surakarta Agus Sasmito.

Menurutnya, ratusan kambing yang diperjualbelikan di satu-satunya pasar kambing di Solo itu berasal dari luar kota, di antaranya Karanganyar, Boyolali, dan Sukoharjo.

"Ini, kan, pasar ternak yang ada di sebelah selatan. Kalau untuk wilayah Boyolali sudah punya pasar sendiri," jelas dia.

Selain melakukan pemeriksaan, pihaknya juga memberikan sosialisasi kepada pedagang terkait dengan gejala PMK hingga mekanisme pelaporan ketika ditemukan gejala.

"Hari Rabu besok lanjut, kami akan lakukan diinfeksi rutin tintasan ayam juga," tegasnya.

Pada Kamis (18/05), pihaknya juga akan melakukan pemeriksaan terhadap sapi-sapi yang ada di kawasan Putri Cempo Solo. 

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surakarta melakukan pemeriksaan kepada ratusan hewan di Pasar Kambing, Semanggi, Senin (16/5).
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News