Babi di Solo Tak Luput dari Pemeriksaan PMK

Senin, 16 Mei 2022 – 19:48 WIB
Babi di Solo Tak Luput dari Pemeriksaan PMK - JPNN.com Jateng
Ilustrasi - Babi ternak.(ANTARA FOTO/HO-Michael Wuran)

jateng.jpnn.com, SOLO - Pemerintah Kota Surakarta tengah melakukan antisipasi agar penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan tidak menyebar.

Dinas Ketanahan Pangan dan Pertanian Kota Surakarta baru saja melakukan pemeriksaan terhadap ratusan kambing di Pasar Kambing, Semanggi, Pasar Kliwon, Solo, Senin (16/05).

Selain itu, beberapa agenda pemeriksaan lanjutan telah dipersiapkan. Pemkot Surakarta melalui dinas terkait berencana memeriksa sapi, kambing, ayam hingga babi.

"Semua hewan berkuku belah akan kami lakukan pemeriksaan. Khusus babi akan kami periksa di akhir. Hari Kamis kemungkinan," kata Kepala Bidang Veteriner Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surakarta Agus Sasmito.

Sebelum memeriksa Babi, Agus akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu kepada sapi-sapi di kawasan Putri Cempo pada Rabu (18/5).

Agus menjelaskan, berdasarkan data yang tercatat hingga Maret 2022, total ada 320 sapi di Kota Solo.

"Kalau di Putri Cempo sekitar 200-an sapi. Setelah itu kami akan mengkonfirmasi apakah ada PMK di Putri Cempo," paparnya.

Pihaknya juga melakukan pengawasan terhadap peredaran daging sapi potong di pasaran.

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surakarta akan memeriksa babi untuk antisipasi PMK.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News