Pidato Ganjar Menakjubkan, Secercah Harapan untuk Umat Buddha Datang

Selasa, 17 Mei 2022 – 08:30 WIB
Pidato Ganjar Menakjubkan, Secercah Harapan untuk Umat Buddha Datang - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat memberikan sambutan acara Dharmasanti malam peringatan Trisuci Waisak di pelataran Candi Borobudur, Senin (16/5) malam. Foto: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, MAGELANG - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memberikan sambutan acara Dharmasanti malam peringatan Trisuci Waisak di pelataran Candi Borobudur, Senin (16/5) malam.

Dalam sambutannya, Ganjar menegaskan bahwa Candi Borobudur tidak hanya sekadar destinasi wisata.

Menurutnya, tempat bersejarah itu pusat energi yang bisa menarik ratusan juta umat Buddha dari seluruh penjuru dunia.

Ungkapannya itu pun lantas disambut dengan tepuk tangan umat Buddha yang hadir lantaran memberikan secercah harapan.

Ganjar mengaku merasa bergetar saat membayangkan umat Buddha berjalan dari sisi timur candi lalu perlahan menghadap ke Borobudur.

Begitu sampai di pelataran, sebuah pemandangan langsung didapat, bagaimana Kamadhatu tertata sedemikian rupa, lalu berlanjut menyaksikan sebuah kesadaran pada Rupadhatu dan berpuncak di Arupadhatu.

"Proses pencerahan jiwa itulah yang berulang kali meyakinkan saya untuk mengatakan, Candi Borobudur harus dibuka seluas-luasnya untuk ibadah umat Buddha dari seluruh penjuru dunia," katanya.

Meski begitu, tak bisa dipungkiri bahwa Candi Borobudur merupakan magnet bagi para wisatawan.

Ganjar Pranowo memberikan sambutan pada malam Dharmasanti perayaan Trisuci Waisak 2566 BE di pelataran Candi Borobudur. Ini isinya.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News