Ratusan Rumah di Tambaklorok Semarang Terendam Rob, Warga Kaget Bukan Main

Senin, 23 Mei 2022 – 15:53 WIB
Ratusan Rumah di Tambaklorok Semarang Terendam Rob, Warga Kaget Bukan Main - JPNN.com Jateng
Genangan rob di Kampung Tambaklorok, Kelurahan Tanjung Emas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang. Foto: Dokumentasi untuk JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Sudah ratusan rumah di Kampung Tambaklorok, Kota Semarang terendam air rob. Ketinggian air yang mencapai 100 sentimeter membuat aktivitas warga makin terganggu.

Kampung di Kelurahan Tanjung Emas, Kecamatan Semarang Utara itu kian terisolasi setelah air pasang laut datang dengan volume cukup banyak.

"Ada ratusan rumah, hari ini lebih gede dari kemarin-kemarin," kata Ketua RW 16 Kelurahan Tanjung Emas Slamet Riyadi kepada JPNN.com Jateng, Senin (23/5).

Slamet mengatakan, warga tak kuasa membendung untuk menghalau air rob memasuki permukiman. Rumah-rumah yang telah ditinggikan sekitar 50 sentimeter tergenang air sebetis orang dewasa.

"Saya saja kewalahan membuat tanggul di pintu rumah," keluhnya.

Meski rob bukan menjadi hal yang baru bagi warga Kampung Tambaklorok, Slamet menyebut kali ini kedatangan air cukup membuat kaget para warga.

"Soalnya informasi BMKG sering meleset, kadang dikatakan naik padahal tidak, sebaliknya surut malah rob datang," tuturnya.

Terlebih, sekarang ini warga kian dibuat kalang kabut oleh siklus air laut yang biasa menyapa pada malam hingga dini hari, kini berubah siang hari.

Ratusan Rumah di Kampung Tambaklorok Semarang terendam rob, warga makin terganggu tak bisa beraktivitas normal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News