Sosok Hartomo, Leluhur Kota Surakarta yang Minta Dimakamkan di Temanggung

Rabu, 15 Juni 2022 – 08:55 WIB
Sosok Hartomo, Leluhur Kota Surakarta yang Minta Dimakamkan di Temanggung - JPNN.com Jateng
Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo (tengah) menyambut kedatangan rombongan dari Pemkot Surakarta. Foto: temanggungkab.go.id

jateng.jpnn.com, SURAKARTA - Dua bus yang membawa rombongan dari Kota Surakarta, Jawa Tengah, tiba di Desa Getas, Kecamatan Kaloran, Kabupaten Temanggung, Selasa (14/6).

Rombongan tersebut terdiri dari Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Tujuan mereka datang ke sana adalah untuk menziarahi makam Hartomo, mantan Wali Kota Surakarta masa bakti 1985-1995.

Kedatangan mereka disambut Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo beserta perwakilan keluarga Hartomo di kompleks pemakaman keluarga di Desa Getas.

Teguh menyampaikan ziarah ke makam mantan Wali Kota Surakarta ini dalam rangkaian Hari Jadi Ke-76 Pemkot Surakarta.

"Setiap hari jadi Pemkot Surakarta kami mesti berziarah ke seluruh mantan wali kota yang telah meninggal dunia, kebetulan H. Hartomo dimakamkan di Temanggung," katanya.

Dia mengakui sebelumnya memang belum pernah ada yang berziarah ke makam Wali Kota Surakarta periode 1985-1995 ini.

"Kemarin setelah Wali Kota Surakarta pulang dari Prancis, Pak Sekda menyampaikan alangkah baiknya kami mulai berziarah ke makam H. Hartomo di Temanggung. Beliau termasuk wali kota yang memodernisasi Kota Surakarta," katanya.

Hartomo, salah satu leluhur Kota Surakarta memilih dimakamkan di Temanggung. Teguh Prakosa dan jajarannya pun berangkat menziarahi makamnya.
Sumber antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News