Asyik, Melihat Sendoko Tour, Mengenal Wajah Kesenian Kuno Magelang

Rabu, 22 Juni 2022 – 10:00 WIB
Asyik, Melihat Sendoko Tour, Mengenal Wajah Kesenian Kuno Magelang - JPNN.com Jateng
Penampilan Jathilan Kudo Sendoko, Dusun Sendaren, Desa Karangrejo, Kabupaten Magelang. Foto: Humas Jateng

jateng.jpnn.com, MAGELANG - Dusun Sendaren, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang berpuluh-puluh tahun menyimpan kesenian tradsional kuno, namanya Jathilan Kudo Sendoko.

Masyarakat setempat selalu berupaya agar keseniaan itu tak punah dimakan zaman yang serba modern ini, salah satunya dengan menggelar Sendoko Tour bagi wisata yang berkunjung ke Borobudur.

Panitia Pagelaran Sendoko Tour Khoirul Anam mengatakan pagelaran ini merupakan perpaduan antara wisata walking tour dengan edukasi kesenian jatilan.

“Pagelaran Sendoko Tour atau walking tour ini, sebagai upaya untuk nguri-uri kesenian Jathilan Kudo Sendoko,” ujarnya melalui keterangan tertulis kepada JPNN.com Jateng, Rabu (22/6).

Dia menambahkan Jatilan Kudo Sendoko merupakan kesenian tertua yang ada di Magelang, sebab kesenian itu sudah ada sejak 1930.

"Kesenian jatilan tertua di Magelang, bahkan Jawa Tengah, maka menjadi penting bagi kami untuk mengenalkan warisan budaya ini ke masyarakat banyak,” ujarnya.

Sementara itu, pemandu lokal pagelaran Andi Ansha menjelaskan konsep acara ini yaitu adalah ngangsu kaweruh (melihat keadaan).
Wisatawan diajak berjalan kaki menuju pos-pos edukasi kesenian jatilan yang telah disiapkan.

"Ada lima pos yang disiapkan oleh panitia, yang pertama merupakan pos sejarah kesenian Jathilan Kudo Sendoko, Pos Gerak, Pos Bedah Filosofi Jathilan, Pos Tembang: Nandur Gadung dan Pos Gendurenan yang mengajak masyarakat, panitia, dan pengunjung berbaur menjadi satu menikmati hidangan masakan ingkung ayam, yang biasa ada dalam ritual kesenian Jathilan Kudo Sendoko,"jelasnya.

Sendoko Tour merupakan upaya pelestarian kesenian tradisional kuno yang berada di Kabupaten Magelang.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News