Ketika Ganjar Optimistis Petani Bisa Sejahtera Melalui Jateng Agro Berdikari

Kamis, 30 Juni 2022 – 21:22 WIB
Ketika Ganjar Optimistis Petani Bisa Sejahtera Melalui Jateng Agro Berdikari - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo seusai menghadiri rapat paripurna di Gedung Berlian DPRD Jawa Tengah. Kamis (30/6). FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Tengah menyetujui usulan perubahan hukum Perusahaan Daerah (PD) Citra Mandiri Jawa Tengah (CMJT) menjadi Perusahaan Umum Daerah, Kamis (30/6).

Di akhir Juni ini, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berharap perubahan menjadi PT Jateng Agro Berdikari (Perseroda) itu membawa dampak positif untuk merespons politik pangan secara luas.

"Terima kasih kepada DPRD. Bagi CMJT, ini bagian era baru untuk lebih fit pada perubahan lingkungan eksternal atau global. Harapannya Jateng Agro Berdikari akan bisa merespons persoalan politik pangan," kata Ganjar seusai menghadiri rapat paripurna di Gedung Berlian DPRD Jawa Tengah.

Ganjar menjelaskan politik pangan dalam arti luas tersebut meliputi pertanian, perikanan, peternakan, industri pangan, barang, dan jasa, hingga agro wisata. Termasuk menjaga stok dan distribusi pangan di wilayah Jawa Tengah.

"Termasuk tadi sebenarnya kita bisik-bisik kalau harga pertanian sering naik-turun apa sebenarnya yang bisa dilakukan oleh perusahaan daerah," katanya.

Dirinya optimistis PT Jateng Agro Berdikari kemungkinan mendapatkan Public Service Obligation (PSO). Selanjutnya dapat menjadi off taker hasil panen para petani.

"Jadi pada saat panen-panen dari petani itu muncul, off taker-nya dari mereka sehingga bisa mendapatkan kenyamanan dalam berusaha," tuturnya.

Apabila hal itu berjalan sesuai rencana, menurut Ganjar para petani bisa mendapatkan keuntungan dalam melaksanakan profesinya.

DPRD ketok palu PT Jateng Agro Berdikari menjadi Perseroda, Ganjar optimistis para petani mendapatkan keuntungan.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News