Pura Mangkunegaran Bakal Gelar Lagi Kirab Pusaka Malam Satu Suro

Kamis, 07 Juli 2022 – 18:30 WIB
Pura Mangkunegaran Bakal Gelar Lagi Kirab Pusaka Malam Satu Suro - JPNN.com Jateng
Pertemuan Gubernur Ganjar dan Sri Paduka Gusti Bhre di Puri Gedeh Semarang, Kamis (7/7). Foto: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Pura Mangkunegaran bakal melangsungkan rangkaian kegiatan dalam waktu dekat ini. Satu di antaranya adalah kirab pusaka malam satu suro.

Mangkunegara X KGPAA Bhre Cakarahutomo Wira Sudjiwo menyebut kegiatan tersebut bakal diselenggarakan setelah terhenti dan dilakukan secara terbatas selama pandemi Covid-19.

"Event terdekat kami ada upacara adat kirab pusaka, malam satu Suro, nanti tanggal 29 Juli," kata Kanjeng Gusti Bhre seusai bertemu dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Puri Gedeh Semarang, Kamis (7/7).

Bhre menyatakan terdapat misi kebudayaan yang akan dilakukan oleh para penari Mangkunegaran untuk pagelaran pertunjukan atau road show ke tiga negara.

"Jadi bulan ini kami akan ke Malaysia, tampil di sana, bulan depan tampil di Australia, dan berikutnya di Thailand," tuturnya.

Menurutnya, pagelaran pertunjukan merupakan misi kebudayaan internasional dari penari Pura Mangkunegaran untuk tampil di tiga negara tersebut.

"Mohon doanya semoga bisa berjalan dengan baik dan lancar," ucap Bhre.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyarankan supaya dilakukan pengaturan zona keraton untuk wisatawan. Lebih tepatnya titik yang boleh dikunjungi dan tidak oleh pelancong yang mengunjungi keraton.

Pura Mangkunegaran bakal melangsungkan Kirab Pusaka Malam Satu Suro, berikut tanggalnya, catat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News