Ada Ritual Saat Panen Raya Tembakau di Temanggung, Yuk, Intip Prosesinya

Jumat, 15 Juli 2022 – 16:28 WIB
Ada Ritual Saat Panen Raya Tembakau di Temanggung, Yuk, Intip Prosesinya - JPNN.com Jateng
Bupati Temanggung HM Al Khadziq (kiri) dan Mbah Urip (kanan) saat sedang melakukan ritual wiwit mbako jelang panen raya tembakau. Foto: Humas Jatengprov

jateng.jpnn.com, TEMANGGUNG - Menjelang panen raya tembakau di wilayah Gunung Prahu Kabupaten Temanggung dimulai, ada prosesi ritual yang dilakukan masyarakat sekitar.

Namanya ritual wiwit mbako, yakni petik pertama daun tembakau yang menjadi komoditas unggulan.

Ritual wiwit mbako dilakukan di ladang yang berada di Desa Tempelsari, Kecamatan Tretep.

Dalam ritual tersebut, Bupati HM Al Khadziq didapuk menjadi pemetik perdana sebanyak 13 lembar daun tembakau didampingi sesepuh desa Urip Siswanto (64).

Kemudian, lantunan doa dipanjatkan dengan khidmat pada prosesi tersebut, dilanjutkan dengan makan bersama di area ladang.

Urip mengatakan harapan dari upacara wiwit mbako ini agar panen raya tembakau tahun 2022 hasilnya baik sesuai keinginan petani.

"Agar kehidupan masyarakat bisa gemah ripah loh jinawi, tentrem, marem lan gandem," jelasnya, Jumat (15/7).

Dia menuturkan pada ritual wiwit mbako yang dipetik pertama adalah tembakau yang berkualitas dan bagus. Kemudian, petikan-petikan selanjutnya bisa menjadi tembakau yang berkualitas juga.

Panen raya tembakau di Temanggung sudah dimulai. Sebelum panen ada ritualnya. Yuk, intip.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News