Jelang Kirab Malam 1 Suro, Kandang Kebo Bule Keraton Surakarta Dicek Polisi

Jumat, 15 Juli 2022 – 16:07 WIB
Jelang Kirab Malam 1 Suro, Kandang Kebo Bule Keraton Surakarta Dicek Polisi - JPNN.com Jateng
Tim Polresta Surakarta saat melakukan penyemprotan disinfektan di Kandang Kebo Bule Keraton Surakarta, Jumat (15/07/2022). Foto: Humas Polresta Surakarta

jateng.jpnn.com, SOLO - Jelang prosesi Kirab Malam Satu Suro yang jatuh pada 29 Juli 2022, Tim Polresta Surakarta bersama dinas terkait melakukan penyemprotan disinfektan di kandang Kebo Bule Keraton Surakarta, Jumat (15/07).

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK).

Kabagops Kompol Sutoyo mewakili Kapolresta Surakarta, mengatakan kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka Operasi Aman Nusa II tentang penanganan PMK.

Salah satunya dengan kegiatan penyemprotan disinfektan di Kandang Kebo Bule Alun-alun kidul dan Pasar Kambing Semanggi Pasar Kliwon.

"Penyemprotan disinfektan dilakukan bekerja sama dengan Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan Kota Surakarta untuk mencegah penyebaran PMK pada hewan ternak," tuturnya.

Kompol Sutoyo menjelaskan selain penyemprotan disinfektan, dilakukan juga pemeriksaan hewan ternak dan pemberian vitamin untuk menjamin hewan ternak yang ada di Pasar Hewan Kota Surakarta dalam keadaan sehat dan bebas dari PMK.

"Kegiatan ini juga dilakukan menjelang kirab malam satu Suro. Dimana kerbau bule yang akan melakukan kirab harus dalam kondisi sehat dan tidak terjangkit PMK," katanya.

Kabag Ops menambahkan, pihaknya juga melakukan pemantau hewan ternak secara rutin. Pemantauan dilakukan di kandang peternakan hewan yang ada di wilayah Kota Surakarta.

Jajaran kepolisian mendatangan Kandang Kebo Bule Keraton Surakarta untuk memastikan kesehatan hewan yang ada di sana.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News