Ternyata Ini yang Dilakukan Ganjar Saat Joging Pagi di Banyumas

Senin, 18 Juli 2022 – 15:04 WIB
Ternyata Ini yang Dilakukan Ganjar Saat Joging Pagi di Banyumas - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo jogging dan evakuasi ODGJ di Banyumas. FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, BANYUMAS - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyambut semangat belasan relawan peduli orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Banyumas.

Komunitas Relawan ODGJ Banyumas Raya itu mengajak Ganjar joging pagi berkeliling Banyumas sembari mencari ODGJ untuk dievakuasi ke rumah sakit.

Para komunitas sosial itu mendatangi di hotel Ganjar menginap pagi buta, sebab mereka telah mengetahui kebiasaan Ganjar rutin berolah raga tiap pagi.

Satu per satu ODGJ ditemui Ganjar bersama para relawan. Rayu-rayu untuk mau dievakuasi pun berhasil dilakukan, mulai dari diajak bercanda, diberi makan, minum hingga kemudian potong kuku dan rambut.

"Ini luar biasa. Jadi sebenarnya kalau kita melihat dulu ada Sinau Hurip, hari ini ada relawan ODGJ Banyumas. Cara komunikasinya juga bagus dengan mereka, mulai dari nggak mau terus kemudian sampai bisa tersenyum," kata Ganjar.

Ganjar nampak bercanda hingga ODGJ selesai dipotong rambut dan kukunya. Setelah itu relawan memandikannya di masjid dan menelpon ambulans PMI untuk mengevakuasi ODGJ menerima pengobatan di rumah sakit.

"Itu sebuah proses yang saya nggak punya ilmunya. Ini betul-betul kawan-kawan yang dengan hati, tulus, mereka peduli dengan ODGJ. Hebat lah," ujar Ganjar.

Menurutnya, para relawan telah menunjukkan bekerja dengan tulus. Mencari ODGJ dan melakukan perawatan sesuai dengan SOP, yakni pendekatan, diurus, dan dibersihkan lalu dibawa ke rumah sakit.

Joging keliling Banyumas, Ganjar evakuasi ODGJ ke rumah sakit bersama para relawan.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News