Meriahnya Festival Indonesia Bertutur di Borobudur, 900 Seniman Unjuk Kebolehan

Kamis, 08 September 2022 – 02:35 WIB
Meriahnya Festival Indonesia Bertutur di Borobudur, 900 Seniman Unjuk Kebolehan - JPNN.com Jateng
Tari dayakan tampil dalam pembukaan Festival Indonesia Bertutur 2022 di Pelataran Lumbini kompleks Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jateng, Rabu (7/9/2022). FOTO ANTARA/Heru Suyitno

jateng.jpnn.com, MAGELANG - Sebanyak 900 seniman memeriahkan Festival Indonesia Bertutur di kawasan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, pada 7-11 September 2022 untuk mendukung pelaksanaan G20 di bidang kebudayaan.

Direktur Perfilman, Musik, dan Media Baru, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Ahmad Mahendra menyebutkan terdapat 116 karya pada festival ini, ada pertunjukan, karya video mapping, karya dari festival cahaya, seni rupa, dan sebagainya.

"Festival ini mengambil tema 'Mengalami Masa Lalu Menumbuhkan Masa Depan', jadi memang untuk Indonesia berkelanjutan, untuk budaya berkelanjutan," katanya, Rabu (7/9).

Indonesia bertutur 2022 mengambil di 20 situs dari masa prasejarah sampai masa Majapahit.

Direktur Festival Indonesia Bertutur 2022 Taba Sanchabakhtiar mengatakan fertival ini menunjukkan bahwa warisan budaya bisa ditampilkan secara menarik dengan menggabungkan budaya dan teknologi.

"Indonesia bertutur 2022 dapat menjadi salah satu media baru bagi perkembangan seni budaya di Indonesia," katanya.

Direktur Artistik Indonesia Bertutur 2022 Melati Suryodarmo menjelaskan festival ini hadir setelah melalui tahapan yang panjang.

Ratusan seniman dari dalam dan luar negeri, kata dia, turut diundang untuk hadir.

Sebanyak 900 seniman memeriahkan Festival Indonesia Bertutur di Borobudur. Lihat aksi mereka.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News