Memasuki Musim Hujan, Pemkab Batang Siaga Bencana

Senin, 26 September 2022 – 23:15 WIB
Memasuki Musim Hujan, Pemkab Batang Siaga Bencana - JPNN.com Jateng
Penjabat Bupati Batang Lani Dwi Rejeki di Batang bersama Komandan Kodim 0736/Batang Ahmad Alam Budiman dan Kapolres Batang Irwan Susanto mengecek sarana yang dipersiapkan untuk menghadapi musim hujan, Senin (26-9-2022). ANTARA/HO-Humas Kabupaten Batang

jateng.jpnn.com, BATANG - Menghadapi musim hujan, Pemkab Batang melakukan kesiapsiagaan tanggap bencana dengan menyiapkan petugas, sarana, dan prasarana.

"Kabupaten Batang memiliki kerawanan bencana setiap tahun karena memiliki letak geografis berupa pegunungan dan dataran rendah," kata Penjabat Bupati Batang Lani Dwi Rejeki, Senin (26/9).

Menurut dia, saat ini Jawa Tengah memasuki musim peralihan yaitu dari musim kemarau ke musim hujan. Oleh karena itu, pihaknya harus mulai tanggap bencana dengan menyiapkan sarana maupun prasarana yang diperlukan.

"Dalam siaga tanggap bencana ini, kami akan bersinergi dengan Polri dan TNI untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana seperti tanah longsor, banjir, dan angin puting beliung," ungkapnya.

Demikian pula, kata dia, masyarakat juga perlu meningkatkan kewaspadaan saat memasuki musim hujan meski terjadinya bencana tidak diharapkan bersama.

"Kewaspadaan harus tetap dipersiapkan dan posko juga perlu mulai diaktifkan kembali untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana," katanya.

Dia juga menyebutkan bahwa pemkab telah mengalokasikan anggaran penanganan bencana sebesar Rp 1,46 miliar atau meningkat dibanding tahun sebelumnya Rp 1,2 miliar.

Sementara itu, Komandan Kodim 0736/Batang Letkol Infanteri Ahmad Alam Budiman mengatakan pihaknya sudah menyiagakan 180 personel untuk mengantisipasi terjadinya bencana.

"TNI akan dibantu oleh Polri siap menerjunkan personel dan tentunya BPBD Batang yang sudah memetakan wilayah rawan bencana," katanya. (antara/jpnn)

Pemkab Batang melakukan kesiapsiagaan tanggap bencana menghadapi musim hujan dengan menyiapkan sarana dan prasarana.

Redaktur & Reporter : Danang Diska Atmaja

Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News