16 Karya Jawa Tengah Masuk Warisan Budaya tak Benda Nasional, Ada Warak Ngendog

Jumat, 07 Oktober 2022 – 12:10 WIB
16 Karya Jawa Tengah Masuk Warisan Budaya tak Benda Nasional, Ada Warak Ngendog - JPNN.com Jateng
Ikon Warak Ngendog di Taman Pandanaran Kota Semarang. FOTO: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Ada sebanyak 16 budaya asal Jawa Tengah ditetapkan sebagai Warisan Budaya tak Benda (WBtB) oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia.

Tambahan tersebut menjadikan sebanyak 119 karya budaya asal Jawa Tengah yang masuk WBtB nasional atau intangible cultural heritage 2022.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah menyebut belasan WBtB yang diusulkan ke tingkat nasional tidak hanya seni pertunjukan saja.

Adapula kemahiran, serta ritus atau tata cara upacara keagamaan yang telah mendarah daging di masyarakat sudah berlaku sejak Jumat (30/9) lalu.

"Dari usulan itu, diakui semua jadi karya budaya berpredikat nasional," ujarnya saat dikonfirmasi, Jumat (7/10).

Eris mengatakan dukungan pemerintah kabupaten maupun kota dibuktikan dokumen dan saksi budaya menjadi syarat pengusulan karya budaya WBtB tersebut.

Untuk memeroleh gelar itu, sebuah kebudayaan minimal telah membudaya di masyarakat selama 50 tahun. Dia menyebut, upaya pelestarian budaya-budaya itu harus lebih serius.

"Jika tidak lestari titel WBtB bisa dicabut oleh Kemendikbudristek RI," tuturnya.

16 karya asal Jawa Tengah ditetapkan sebagai Warisan Budaya tak Benda Kemendikbud RI, ada Wayang Wong Ngesti Pandowo & Warak Ngendog.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News