26 Persen Jalan di Kudus Rusak Parah, Pemkab Harus Rogoh Kocek Dalam-dalam

Kamis, 12 Januari 2023 – 01:30 WIB
26 Persen Jalan di Kudus Rusak Parah, Pemkab Harus Rogoh Kocek Dalam-dalam - JPNN.com Jateng
Kondisi jalan rusak di Jalan Lingkar Kudus akibat tergenang banjir. Pemkab Kudus berupaya memperbaikinya secara bertahap karena di Kudus terdapat 26 persen jalan rusak. (ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif)

jateng.jpnn.com, KUDUS - Jalan rusak akibat curah hujan tinggi serta genangan banjir di Kudus, Jawa Tengah, mencapai 166 kilometer atau 26 persen dari total panjang jalan kabupaten.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kudus Arif Budi Siswanto mengatakan kerusakan jalan awalnya hanya 9 persen dari total panjang jalan kabupaten yang mencapai 639,261 kilometer.

Akan tetapi, lanjut dia, tingginya curah hujan dan banyak jalan yang tergenang banjir akhirnya jalan rusak bertambah menjadi 26 persen.

"Untuk memperbaiki semua jalan yang rusak tersebut, membutuhkan anggaran yang tidak sedikit dan dukungan alat yang memadai," ujarnya, Rabu (11/1).

Dalam rangka meminimalkan risiko kecelakaan bagi pengguna jalan, untuk kawasan perkotaan menjadi prioritas perbaikan dengan anggaran rutin yang diterima pada tahun anggaran 2023.

Perbaikannya juga dilakukan berdasarkan skala prioritas, termasuk pengurukan jalan yang rusak di Jalan Lingkar Kencing menggunakan lapisan paling atas (LPA) agar bisa dilalui kendaraan.

"Selama ini memang bisa dilalui, tetapi jalannya yang berlubang dan tergenang air bisa mengakibatkan kecelakaan karena sebelumnya ada kendaraan yang terguling," ujarnya.

Terkait dengan kerusakan di jalan provinsi, seperti di sepanjang Jalan Kudus-Purwodadi, kata dia, sudah dikoordinasikan dengan pemprov untuk dilakukan perbaikan karena kerusakannya juga cukup parah.

Panjang jalan di Kudus yang rusak mencapai 166 KM. Pemkab Kudus harus menyediakan anggaran yang tak sedikit untuk perbaikan.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News