Tinjau RUSPIN di Desa Bedono, Ganjar: Solusi Buat Warga yang Tidak Mau Direlokasi

Selasa, 14 Maret 2023 – 22:40 WIB
Tinjau RUSPIN di Desa Bedono, Ganjar: Solusi Buat Warga yang Tidak Mau Direlokasi - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ketika meninjau program bantuan Ruspin di Desa Bedono, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak. FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, DEMAK - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau program bantuan Rumah Sistem Panel Instan (RUSPIN) di Desa Bedono, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Selasa (14/3).

RUSPIN merupakan model rumah panggung. Bantuan RUSPIN adalah alternatif dan bentuk adaptasi bagi warga yang tidak mau direlokasi.

Total keluarga yang menerima bantuan RUSPIN di desa itu sebanyak 34 keluarga.

"Ini adalah areal land subsidence. Kemudian hari ini masyarakat masih ingin bertahan di sini," kata Ganjar dalam keterangan tertulis yang diterima JPNN.com.

Menurut Ganjar, RUSPIN merupakan satu-satunya alternatif yang paling kompromistis. "Karena butuh waktu untuk menjelaskan, butuh waktu untuk mengedukasi. Satu-satunya, ya, rumahnya harus panggung," ujarnya.

Alternatif rumah panggung tersebut diberikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) setelah melalui komunikasi panjang dengan warga sekitar.

Pasalnya Desa Bedono masuk dalam areal land subsidence atau penurunan muka tanah. Selama ini, adaptasi yang dilakukan oleh masyarakat adalah penimbunan atau meninggikan lantai rumah.

"Ditimbun, tenggelam. Ditimbun, tenggelam. Nah, ini ditemukan konsep agar mereka tinggal di sini," katanya.

Ganjar Pranowo meninjau program bantuan Rumah Sistem Panel Instan (RUSPIN) di Desa Bedono, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Selasa (14/3).
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News