Penambangan Galian C Ilegal Makin Marak, Ganjar: Sikat!

Senin, 20 Maret 2023 – 22:10 WIB
Penambangan Galian C Ilegal Makin Marak, Ganjar: Sikat! - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada Musrenbangwil Wilayah Kabupaten Purworejo, Wonosobo, Magelang, Temanggung, dan Kota Magelang di Aula PT Geo Dipa, Kabupaten Wonosobo, Senin (20/3/2023). ANTARA/HO-Humas Pemprov Jateng

jateng.jpnn.com, WONOSOBO - Praktik penambangan galian C ilegal kini kian marak terjadi di sejumlah tempat di Jawa Tengah.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pun meminta jajaran Polri segera menyikat penambang ilegal tersebut.

“Aduan tentang galian C ini banyak di Wonosobo dan Magelang. Saya titipkan kepada kepolisian, (galian C) yang tidak izin atau ilegal disikat saja,” kata Ganjar saat memimpin Musrenbangwil Kabupaten Purworejo, Wonosobo, Magelang, Temanggung, dan Kota Magelang di Aula PT Geo Dipa, Kabupaten Wonosobo, Senin (20/3).

Ganjar mendapat aduan dari masyarakat terkait praktik galian C ilegal di lereng Gunung Sindoro.

Politikus berambut putih itu pun menegaskan bahwa praktik galian C ilegal berdampak besar terhadap lingkungan sekitar, mulai dari hilangnya sumber mata air hingga kerusakan jalan.

"Tadi ada kiai dari Wonosobo menyampaikan tentang galian C yang merusak. Keluhannya ternyata sama, galian C ilegal itu merusak mata air, merusak jalan, dan ini mesti dihentikan," ujarnya.

Menurut Ganjar, pihaknya sudah berkoordinasi dengan jajaran Polri dalam melakukan penindakan pelaku penambangan galian C ilegal.

Mantan anggota DPR itu blak-blakan di depan peserta musrenbangwil yang disiarkan secara daring tersebut terkait dengan adanya beking galian C.

Ganjar Pranowo bersama jajaran Polri akan menyikat berbagai praktik penambangan galian C ilegal yang marak terjadi di sejumlah tempat.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News