Ganjar Dapat Petuah dari Abah Suyuthi Kendal Soal Pemerintahan hingga Politik

Rabu, 10 Mei 2023 – 06:42 WIB
Ganjar Dapat Petuah dari Abah Suyuthi Kendal Soal Pemerintahan hingga Politik - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersilaturahmi dengan KH Suyuthi Murtadlo atau Abah Suyuthi di Pondok Pesantren Manbaul Hikmah, Kendal, Selasa (9/5). FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, KENDAL - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengunjungi Pondok Pesantren Manbaul Hikmah, Kendal, Selasa (9/5). Di sana, Ganjar bersilaturahmi dengan KH Suyuthi Murtadlo atau Abah Suyuthi.

Ganjar tiba langsung disambut oleh Gus Basyar dan Gus Rifqil. Lantunan Thola’al Badr dengan musik rebana para santri mengiringi kedatangan Ganjar Pranowo.

Ganjar menyebut, kedekatannya dengan Abah Suyuthi sudah terjalin sejak lama. Baginya, Abah Suyuthi dan seluruh keluarga yang tinggal di Ponpes Manbaul Hikmah, sudah seperti keluarganya sendiri.

"Keluarga Abah Suyuthi ini seperti keluarga saya. Jadi, saya itu dua kali diundang kemarin nggak bisa hadir, jadi saya minta maaf. Ini mumpung masih syawal jadi silaturahmi, halalbihalal ketemu seluruh keluarga," katanya.

Perjumpaan Ganjar dengan KH Suyuthi sekitar 1,5 jam. Ganjar dijamu dengan menu hidangan sambel terong. Dia menuturkan resep sambel terong di kediaman KH Suyuthi selalu bikin kangen.

"Kalau kemarin di tempat Mbah Mus itu sambel terongnya khusus, ini sambel terongnya resepnya lain lagi. Jadi emang ngangeni sambel terongnya. Itulah komunikasi sambel terong," katanya.

Ganjar mengatakan, obrolan keduanya tak lepas dari perhatian ulama kepada umaro. Beberapa pesan disampaikan mulai tentang pemerintahan, hingga perpolitikan saat ini.

"Abah Suyuthi selalu memberikan banyak sekali petuah tentang pemerintahan saya sebagai umaro. Tentang situasi politik karena beliau juga paham pada kondisi ini, tetapi selalu pesan-pesan yang menyejukkan, yang damai," katanya.

Ganjar Pranowo bertolak ke Kendal untuk silaturahmi kepada Abah Suyuthi. Ganjar mendapatkan petuah soal pemerintahan dan politik.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News