Bupati: Harga Kopi Temanggung Tahun Ini Terbaik Sepanjang Sejarah

Rabu, 12 Juli 2023 – 19:11 WIB
Bupati: Harga Kopi Temanggung Tahun Ini Terbaik Sepanjang Sejarah - JPNN.com Jateng
Bupati Temanggung meninjau salah satu stand kopi pada Festival Kopi Petik Merah dan Gelar UMKM di Desa Kalibanger, Kecamatan Gemawang, Temanggung. ANTARA/Heru Suyitno

jateng.jpnn.com, TEMANGGUNG - Bupati Temanggung M. Al Khadziq meminta petani untuk tetap menjaga kualitas kopi Temanggung di saat harga komoditas ini mengalami kenaikan.

"Harga jual kopi robusta tahun ini yang terbaik sepanjang sejarah kopi Temanggung, tetapi demikian petani harus menjaga kualitas kopi sehingga kopi Temanggung tetap menjadi kopi terbaik," katanya, Rabu (12/7).

Dia menyampaikan hal tersebut seusai menghadiri Festival Kopi Petik Merah dan Gelar UMKM di Desa Kalibanger, Kecamatan Gemawang, Temanggung.

Khadziq menyebutkan, harga kopi di tingkat petani saat ini cukup bagus, kopi petik merah dari pohon harganya berkisar Rp 14.000 sampai Rp 15.000 per kilogram.

"Harga termahal sampai dengan Rp 15.000 per kilogram, harga tersebut kata petani untuk kopi dengan kualitas terbaik yakni 100 persen petik merah," katanya.

Dia menuturkan saat ini harga kopi baik robusta maupun arabika sedang tinggi karena dipengaruhi oleh kebutuhan kopi dunia yang sedang naik, dengan demikian mempengaruhi harga jual kopi di tingkat petani.

Menurut dia, momentum kenaikan harga kopi ini harus disertai dengan perbaikan, antara lain di bidang budi daya, pengolahan hasil dan pemasaran.

"Pertahankan kualitas kopi, dengan memperhatikan pengolahan hasil pascapanen dan lainnya," katanya.

Bupati M. Al Khadziq menyebut bahwa harga kopi Temanggung pada tahun ini terbaik sejarah. Petani diminta tetap jaga kualitas kopi.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News