Ganjar: Sejarah Bangsa Indonesia Tak Bisa Lepas dari Kontribusi Etnis Tionghoa

Rabu, 09 Agustus 2023 – 17:06 WIB
Ganjar: Sejarah Bangsa Indonesia Tak Bisa Lepas dari Kontribusi Etnis Tionghoa - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut kontribusi etnis Tionghoa tak bisa dilepaskan dari sejarah bangsa Indonesia.

Ganjar mengatakan kerukunan yang selama ini terjaga harus terus dirawat tanpa membeda-bedakan. Untuk merawatnya, Indonesia sudah memiliki landasan kuat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yaitu Pancasila.

"Merawat Indonesia, menurut saya itu sesuatu yang penting sehingga nilai-nilai inilah yang mesti kita kawal terus-menerus agar sesama anak bangsa rukun tanpa membeda-bedakan sukunya, agamanya, dan rasnya," kata Ganjar di Hotel Padma Semarang, Selasa (8/8) malam.

Ganjar yang hadir di acara pelantikan Ketua Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Jawa Tengah Bambang Wuragil itu, berharap perkumpulan tersebut dapat terus berkontribusi dalam merawat Indonesia.

Gubernur dua periode itu juga menyinggung perbedaan suku, ras, dan agama tidak menghalangi kehidupan bernegara dan berkemanusiaan.

Seperti halnya kehidupan di Lasem, Jawa Tengah yang pernah menjadi kota pelabuhan besar dan pernah ada perdagangan saham di sana.

Menurut Ganjar, satu hal yang menarik di Lasem adalah kehidupan antarwarga yang berbeda etnis. Bahkan hal itu masih bertahan sampai saat ini.

Termasuk ketika ada acara tradisi di sana, partisipasi warga terlihat denga ada yang menyumbang makanan dan minuman, bahkan menyokong pertunjukan barongsai.

Ganjar Pranowo menyebut kontribusi etnis Tionghoa tak bisa dilepaskan dari sejarah bangsa Indonesia.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News