Kapolda Jateng Tegaskan Polwan Siap Ambil Peran di Pemilu 2024

Senin, 04 September 2023 – 13:41 WIB
Kapolda Jateng Tegaskan Polwan Siap Ambil Peran di Pemilu 2024 - JPNN.com Jateng
Para polisi wanita merayakan ulang tahun yang ke 75 di Gedung Borobudur Mapolda Jawa Tengah, Senin (4/9). FOTO: Wisnu Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi menegaskan bahwa polisi wanita (polwan) memiliki peran penting dalam mengamankan proses Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Irjen Luthfi menyebut, selain melakukan tindakan preemptif, dan preventif, para polwan yang sudah terlatih juga akan diterjunkan untuk penegakkan hukum di Pemilu 2024.

"Nanti akan kami latih untuk proses-proses perbantuan di wilayah-wilayah, termasuk di TPS-TPS polwan akan kami gunakan," ujarnya seusai perayaan HUT ke-75 Polwan di Gedung Borobudur Polda Jawa Tengah, Senin (4/9).

Disinggung juga mengenai Operasi Mantap Brata dan Mantap Praja yang merupakan rangkaian pengamanan pada pelaksanaan Pemilu dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

"Itu (operasi, red) panjang. Mereka siap pakai semua," tuturnya.

Di samping Polwan dengan berbagai keterbatasannya, selain dinas kepolisian mereka juga ibu rumah tangga. Namun, pihaknya telah menginstruksikan Perwira Koordinator (Pakor) Polwan untuk menggelar latihan di bawah komando Karo Ops Polda Jawa Tengah

"Sudah kami arahkan untuk kami latih dengan Karo Ops, terkait dengan pemakaian Polwan di Polda Jawa Tengah," ujarnya.

Jenderal bintang dua itu juga mewanti-wanti Polwan untuk tidak melakukan pelanggaran yang mencederai harga diri sebagai seorang perempuan.

Kapolda Jateng Irjen Luthfi menegaskan bahwa polwa di provinsi itu siap diterjunkan dalam pengamanan Pemilu 2024.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News