Bupati Kudus Respons Positif Wacana Sistem Gaji Tunggal ASN

Jumat, 15 September 2023 – 23:25 WIB
Bupati Kudus Respons Positif Wacana Sistem Gaji Tunggal ASN - JPNN.com Jateng
Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. (ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif)

jateng.jpnn.com, KUDUS - Bupati Kudus Hartopo merespons positif wacana sistem gaji tunggal untuk aparatur sipil negara (ASN).

Dia berharap sistem tersebut bisa lebih meningkatkan kesejahteraan mereka, dibandingkan dengan komposisi saat ini.

"Jika dikaitkan dengan beban anggaran daerah, kami belum bisa menghitung karena belum diberlakukan," ujarnya, Jumat (15/9).

Selain itu, kata dia, Pemkab Kudus juga belum mengetahui teknis pelaksanaannya.

Tentunya, imbuh dia, akan ada penilaian dari masing-masing jabatan, termasuk beban kerja, tanggungjawab, dan risiko pekerjaannya.

Sistem gaji tunggal atau single salary merupakan implementasi dari isi Rancangan Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (RUU ASN).

Dengan adanya sistem gaji tunggal, maka komponen tunjangan yang diberikan kepada ASN akan dihapus.

Wacana gaji tunggal sendiri dilandasi karena selama ini selisih gaji pokok ASN antara golongan terendah hingga golongan tertinggi tidak terlalu jauh, sehingga tidak menjadi pendorong abdi negara meningkatkan kinerja.

Bupati Kudus Hartopo merespons positif wacana sistem gaji tunggal ASN. Dia berharap jika sistem tersebut jadi diterapkan akan makin menyejahterakan ASN.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News